Transaksi Penjualan di Accurate Lite dan Easy Mobile

Bertemu kembali dengan Review Accounting Software, website yang membahas seputar software akuntansi Indonesia. Dalam artikel ini akan diulas mengenai 2 aplikasi akuntansi Android buatan Indonesia yaitu Accurate Lite dan Easy Mobile. Secara khusus, yang akan dibahas adalah transaksi penjualan di kedua aplikasi ini.

Kami akan mencoba langkah-langkah untuk melakukan transaksi penjualan di kedua software tersebut. Kemudian akan diulas dan dibandingkan, apakah ada perbedaan atau keunggulan yang dimiliki antara 2 aplikasi ini. Selain itu, juga akan dilakukan simulasi ketika smartphone dalam keadaan offline, apakah transaksi masih bisa dilanjutkan atau tidak.

Penasaran dengan ulasan dan hasil simulasinya? Tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja baca ulasannya di bawah ini.

Transaksi Penjualan Accurate Lite dan Easy Mobile

Accurate Lite

Setelah mengunduh aplikasi ini, untuk sekadar mencoba saja pengguna harus membuat akun terlebih dahulu. Jika tidak maka tidak akan bisa masuk ke aplikasi ini. Kemudian pengguna bisa login via google, facebook, atau nomor hp/email. Setelah masuk, pengguna bisa memakai database sample atau membuat database baru. Di aplikasi ini, pengguna harus membuat barang, pelanggan, dan pemasok terlebih dahulu. Setelah membuatnya, barulah kemudian bisa melakukan transaksi.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan penjualan di Accurate Lite:

1. Sentuh menu Penjualan, lalu pilih tanda plus (+) di bagian kanan bawah layar.

2. Pilih barang yang akan dijual, untuk mengubah kuantitas barang, sentuh nama barang tersebut dan tentukan jumlahnya. Setelah kuantitasnya sesuai klik gambar keranjang di bagian bawah untuk melanjutkan.

3. Akan muncul tampilan seperti di bawah di mana ada pilihan Simpan atau Bayar, kita pilih Bayar.

4. Pilih metode pembayaran misalnya Tunai, pilih Setor Ke Kas isi catatan jika diperlukan lalu pilih Bayar.

5. Akan muncul notifikasi seperti gambar di bawah yang menandakan bahwa transaksi penjualan telah berhasil dilakukan.

Easy Mobile

Setelah mengunduh aplikasi ini, pengguna bisa langsung masuk tanpa perlu login terlebih dulu. Setelah masuk ke Easy Mobile, bagi yang ingin mencoba melakukan transaksi disediakan offline database contoh. Data di dalamnya sudah lengkap untuk melakukan transaksi. Jadi, pengguna tidak perlu repot untuk membuat nama pelanggan, pemasok, dan barang.

Untuk melakukan transaksi penjualan di Easy Mobile berikut ini adalah caranya:

1. Klik transaksi kemudian pilih penjualan setelah itu klik faktur penjualan.

2. Sentuh transaksi kemudian pilih pelanggan lalu klik tambah barang (+).

3. Pilih barang yang akan dijual dengan cara menyentuhnya kemudian isi detail barang tersebut seperti harga, kuantitas, diskon, pajak, dan lain-lain sesuai kebutuhan Anda lalu klik Pesan.

4. Pilih penjual, pengiriman, syarat, dan jangan lupa simpan transaksi tersebut.

5. Berikut adalah hasil dari transaksi yang telah tersimpan.

Transaksi Penjualan saat Offline atau Internet Putus

Accurate Lite

Aplikasi Accurate Lite berbasis cloud dan selalu membutuhkan koneksi internet untuk bisa berjalan. Kami berkesempatan untuk mencoba apakah aplikasi ini bisa berjalan saat koneksi putus. Untuk mengetesnya, smartphone sengaja diatur dalam mode pesawat.

Hasilnya, akan langsung muncul notifikasi yang menunjukkan bahwa koneksi internet putus. Jadi, transaksi yang sedang dilakukan tidak bisa diselesaikan. Harus menunggu tersambung dengan internet terlebih dahulu.

Easy Mobile

Menurut data yang kami dapat, aplikasi Easy Mobile mengadopsi teknologi yang mereka sebut sebagai hybrid. Dari pihak developernya mengklaim bahwa aplikasi ini bisa melakukan transaksi baik secara online maupun offline. Hal tersebut langsung kami coba untuk membuktikannya.

Kami melakukan transaksi seperti biasa dan di tengah-tengah transaksi kami sengaja membuat smartphone di mode pesawat. Hasilnya seperti yang diklaim oleh pengembangnya, transaksi masih dapat diselesaikan dan tersimpan. Tentu hal tersebut merupakan suatu terobosan yang sangat inovatif dan patut untuk diacungi jempol.

Kesimpulan

Setelah mencoba melakukan transaksi penjualan di Accurate Lite dan Easy Mobile, kami menemukan beberapa perbedaan. Yang pertama adalah untuk transaksi penjualan di Accurate Lite langsung diselesaikan dengan pelunasan. Sedangkan di Easy Mobile transaksi penjualan dapat dibuatkan pengiriman barang, uang muka, atau langsung ke pelunasan.

Hal kedua adalah mengenai transaksi ketika internet putus. Seperti yang telah Anda baca di atas, Accurate Lite tidak bisa melakukan transaksi saat internet putus. Di lain sisi, Easy Mobile masih dapat melakukan, menyelesaikan, dan menyimpan transaksi ketika sedang offline.

Untuk kesimpulannya, Easy Mobile berhasil mengungguli Accurate Lite berkat fitur bisa online dan offline. Anda bisa melakukan sendiri dan mencoba hal tersebut untuk membuktikannya. Caranya juga sangat mudah sebab kedua aplikasi ini tersedia di secara gratis di Play Store.

Anda juga bisa melihat perbandingan kedua aplikasi ini via video di YouTube. Tinggal masukkan Easy Accounting System atau Accurate dan Anda akan menemukan channel resmi dari Easy Accounting System maupun Accurate.

Sebagai penutup, kami selalu mengajak Anda untuk menjadi konsumen yang cerdas. Ketika akan membeli software akuntansi selalu lakukan perbandingan untuk mendapatkan yang paling cocok dengan kebutuhan Anda. Jangan ragu untuk melakukan trial jika itu memang dibutuhkan. Dan jangan mudah tergiur dengan harga murah, promo, atau hal lainnya karena yang paling penting adalah fitur dan fungsinya. Sekian dari kami, sampai bertemu di pembahasan lainnya.