Transaksi Pembelian Accurate Lite Vs Easy Mobile

Setelah sebelumnya selalu membahas mengenai software akuntansi desktop, kali ini kita akan melakukan sedikit penyegaran. Kali ini kita akan membahas mengenai software akuntansi Android yaitu Accurate Lite dan Easy Mobile. Lebih tepatnya kita akan membahas cara untuk melakukan transaksi pembelian di kedua software akuntansi Android tersebut.

Seperti biasa, kita akan membahas langkah per langkahnya dan membandingkannya. Tanpa perlu berlama-lama lagi, mari kita langsung praktikkan.

Transaksi Pembelian Easy Mobile

1. Sentuh menu transaksi lalu pembelian lalu klik faktur pembelian.

2. Sentuh transaksi kemudian tambah nama pelanggan dengan cara klik tanda +. Setelah itu tambahkan barang dengan klik Tambah Barang (+).

3. Pilih barang yang akan dibeli misalnya alumunium alloy 100mm, setelah itu isi Harga, Kuantitas, Diskon, dan kolom lain sesuai kebutuhan Anda, terakhir klik Pesan. Ikuti contoh gambar di bawah ini.

4. Selanjutnya, lengkapi detail lain seperti Pengiriman dan Syarat, terakhir klik Simpan.

5. Gambar berikut menunjukkan bahwa transaksi faktur pembelian sudah tersimpan.

Transaksi Pembelian di Accurate Lite

1. Di menu utama klik Pembelian.

2. Untuk membuat transaksi pembelian klik tanda + di bagian bawah.

3. Isi Nama Pemasok, Alamat, Tanggal, No faktur, dan Syarat Pembayaran, Anda bisa mencontoh gambar di bawah, setelah mengisi semuanya klik Lanjut.

4. Untuk menambahkan barang, klik tombol barang sesuai jumlah yang diinginkan setelah itu klik Lanjut.

5. Jika perlu masukkan Catatan dan cantumkan diskon jika pembelian ada kemudian klik Bayar.

6. Pilih Bayar dari misalnya dengan Kas kemudian cekli Metode Bayar misalnya Tunai setelah itu klik Bayar.

7. Akan muncul notifikasi di seperti di bawah ini yang menunjukkan bahwa transaksi pembelian ini telah berhasil dilakukan.

Kesimpulan

Setelah mencoba membuat transaksi pembelian di Easy Mobile dan Accurate Lite kami menemukan beberapa perbedaan. Pertama, di Accurate Lite untuk modul pembeliannya hanya langsung ke Faktur Pembelian saja. Jadi tidak ada pesanan pembelian, pengiriman, dan lain-lain. Sedangkan di modul pembelian Easy Mobile ada urutannya, mulai dari pesanan pembelian, uang muka, penerimaan barang, faktur pembelian, pembayaran pembelian, dan retur pembelian.

Yang kedua, Accurate Lite hanya bisa dioperasikan saat smartphone terhubung ke internet, saat terputus transaski tidak dapat diteruskan. Berbeda dengan Easy Mobile yang tetap bisa dijalankan saat ada koneksi internet maupun tidak ada koneksi internet.

Demikianlah mengenai transaksi pembelian di software akuntansi Android Easy Mobile dan Accurate Lite. semoga artikel ini bisa membantu Anda mengetahui lebih banyak mengenai software-software akuntansi yang ada di Indonesia.