Belajar Software Akuntansi Part 9: Transaksi Berulang Easy Accounting & Accurate

Review Accounting Software kembali akan mengajak Anda untuk segala sesuatu yang terkait dengan dunia akuntansi dan software akuntansi. Kali ini yang akan dipelajari adalah mengenai transaksi berulang dan bagaimana cara mengaplikasikannya memakai software akuntansi. Dan seperti biasa, software yang akan kita pakai adalah Accurate dan Easy Accounting System.

Sebelum menuju cara membuatnya, akan kami jelaskan sekilas mengenai apa itu transaksi berulang atau yang sering juga disebut sebagai recurring. Definisi recurring adalah transaksi yang dilakukan secara periodik dan dalam jangka waktu yang sudah ditetapkan, misalnya mingguan, bulanan, triwulan, atau semester. Transaksi ini berfungsi untuk melakukan transaksi yang sama persis dan pengulangannya sesuai dengan periode yang sudah ditetapkan. Contoh recurring yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari yaitu pembayaran listrik, tagihan air, dan cicilan kendaraan.

Setelah mengetahui definisi, fungsi, dan contoh transaksinya mari menuju ke cara mengaplikasikannya dengan memakai software akuntansi. Recurring bisa dilakukan untuk beberapa transaksi, sebagai contoh akan dibuat recurring untuk membayar tagihan listrik bulanan melalui pembayaran lainnya. Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Transaksi Berulang/Recurring Easy Accounting System

1 a. Pada menu Jalan Pintas cari lalu klik Pembayaran Lainnya.

1 b. Pilih akun untuk pembayaran di kolom Dibayar dari, lalu pilih Nama Akun dan isi besaran pembayaran di kolom Jumlah. Terakhir klik Transaksi Berulang.

2. Isi No. Perulangan, Periode, Berapa Kali, dan Deskripsi kemudian klik Simpan dan Keluar.

3. Buka recurring yang telah disimpan, caranya klik Buku Besar lalu pilih Transaksi Berulang.

4. Klik recurring yang diinginkan.

5. Akan muncul detail recurring seperti gambar di bawah. Setelah itu klik kanan pada recurring yang akan dibuat lalu pilih Buat Faktur.

6. Otomatis akan muncul data dengan detail yang sama dengan master transaksinya, terakhir klik Simpan dan Keluar.

Transaksi Berulang/Recurring Accurate

1. Pertama, klik Kas Bank kemudian pilih menu Pembayaran.

2. Pilih akun bank untuk pembayaran lalu pilih akun yang akan dibayar di kolom Account No. lalu isi jumlah pembayaran di kolom Amount. Terakhir klik Transaksi berulang di bagian atas form.

3. Tentukan Periode misalnya Bulanan dan isi kolom Berapa Kali lalu klik Simpan & Tutup.

4. Cara untuk melakukan pembayaran bulan-bulan berikutnya, klik Daftar lalu pilih Transaksi Berulang.

5. Klik transaksi berulang yang diinginkan.

6. Klik kanan pada periode transaksi yang diinginkan lalu pilih buat Faktur.

7. Klik gambar kalkulator kemudian klik Simpan & Tutup.

Demikianlah cara kerja dan contoh recurring di software akuntansi Accurate dan Easy. Semoga artikel ini bisa berguna dan menambah informasi Anda, terutama yang masih awam dengan software akuntansi maupun pelajar atau mahasiswa jurusan akuntansi. Baca juga artikel lain dalam situs, entah itu review software, perbandingan software, dan artikel-artikel lain.

Tim kami berkomitmen untuk selalu menyajikan segala sesuatu seputar perangkat akuntansi. Jadi, terus ikuti situs ini agar selalu update dengan dunia akuntansi. Sampai jumpa di artikel lainnya.