Perbandingan antara Software Akuntansi Cloud dan Desktop

Software akuntansi kini telah menjadi salah satu kebutuhan utama di dalam dunia bisnis. Dan seiring perkembangan teknologi yang pesat, ragam dan produk software akuntansi juga semakin bertambah. Secara sistem pengoperasiannya, software akuntansi saat ini dikelompokkan menjadi dua tipe. Tipe pertama adalah software akuntansi desktop dan yang kedua adalah software akuntansi cloud atau online.

Dan belakangan ini, software akuntansi online atau cloud sedang naik daun dan banyak dicari oleh para pelaku usaha. Tetapi, sebenarnya bagaimanakah head to head antara kedua jenis aplikasi akuntansi ini? Kami akan membedah berbagai aspek dan variabel di dalam kedua jenis software ini untuk dibandingkan. Akan diberikan juga perbandingan antara produk-produk software yang berlabel desktop dan online. Tujuannya tentu untuk mengetahui aplikasi akuntansi manakah yang sebenarnya paling cocok untuk dipakai perusahaan di Indonesia.

Perbedaan Software Akuntansi Desktop dan Software Akuntansi Cloud

Sebelum lebih jauh membahas perbedaan di antara kedua software ini, ada baiknya mengetahui definisinya terlebih dahulu. Definisi software akuntansi desktop adalah perangkat lunak yang harus dipasang terlebih dahulu di dalam komputer agar bisa dipakai secara optimal. Berbeda dengan desktop, definisi software akuntansi cloud adalah software yang tidak perlu dipasang terlebih dulu, karena perangkat ini bisa langsung dijalankan dari browser.

Ada beberapa perbedaan signifikan di antara software desktop dan cloud. Lihat tabel berikut untuk melihat apa saja perbedaannya.

Perbandingan Software Akuntansi Cloud dan Desktop yang ada di Indonesia

Setelah membandingkan karakteristik umum dari dua jenis software ini, tim Review Accounting Software secara khusus membedah beberapa aplikasi akuntansi baik desktop maupun cloud yang ada di pasaran dan banyak digunakan pelaku usaha di Indonesia. Akan kami berikan perbandingan antar software tersebut baik dari segi desain user interface, cara pemakaian (transaksi dan laporan), dan modul yang ada di dalamnya.

Pertama akan dilakukan perbandingan di antara sesama software desktop. Setelah itu, akan dibandingkan juga antara software akuntansi cloud atau online. Jadi, di akhir artikel ini Anda sudah langsung bisa menilai sendiri software mana yang lebih baik digunakan untuk perusahaan dan paling cocok dengan kondisi di Indonesia.

Perbandingan antara Software Akuntansi Desktop

Kami akan membandingkan 3 produk software akuntansi desktop. Perbandingan ini akan dilihat dari segi user interface, transaksi, laporan, dan modul+fitur. Untuk produk desktop yang akan dibandingkan adalah Zahir, Accurate 5, dan Easy Accounting System 5. Langsung saja kita menuju ke pembahasannya.

1. Desain User Interface

Dari segi desain tampilannya, ketiga software desktop ini sedikit berbeda. Apa saja perbedaannya? Silakan lihat di tabel di bawah ini.

 

2. Transaksi

Ada beberapa perbedaan untuk penginputan transaksi yang kami temukan, berikut adalah tabel rinciannya.

3. Laporan

Kami telah mencoba dan melihat bentuk dan hasil laporan dari tiga software akuntansi di atas. Berikut adalah hasil yang kami dapatkan.

4. Modul dan Fitur

Untuk modul utama ketiga software akuntansi desktop ini hampir sama, yang membedakan adalah modul spesial dan fitur unggulan saja. Simak tabel berikut untuk melihat perbandingannya.

 

Perbandingan antara Produk Software Akuntansi Cloud

Kami telah melakukan pengetesan terhadap beberapa produk yang berbasis online, yaitu Jurnal, Accurate Online, dan Zahir Online. Dari pengetesan tersebut kami mendapatkan data-data berikut yang telah kami rangkum di dalam tabel dan bisa Anda simak di bawah ini.

1. Desain User Interface

Tampilan user interface di antara Jurnal, Accurate, dan Zahir tidak sama antara satu dengan yang lainnya, berikut ini adalah detailnya.

tabel UI software akuntansi cloud

2. Transaksi

Di antara ketiga software akuntansi cloud ini, secara umum untuk penginputan transaksi hampir sama dan mirip. Namun, tentu saja ada sedikit hal yang berbeda di antara ketiganya, lihat tabel berikut untuk melihat perbedaan tersebut.

tabel transaksi software akuntansi cloud

3. Laporan

Salah satu variabel penting dalam software akuntansi adalah bentuk dan hasil laporannya. Ada tiga aspek yang kami ulas yaitu apakah laporan tersebut bisa di-drill, multi laporan, dan menampilkan atau menyembunyikan variabel.

4. Modul dan Fitur

Kelengkapan modul dan kecanggihan fitur adalah sesuatu yang dicari pengguna dalam software akuntansi. Berikut hasil penilaian kami terhadap modul dan fitur yang ada di ketiga software akuntansi online ini.

Setelah melihat beberapa aspek di atas, kami melihat ada sedikit kekurangan software akuntansi cloud yaitu dalam segi fleksibilitas penginputan transaksi. Selain itu, dari segi modul manufaktur masih sederhana jika dibandingkan dengan software akuntansi desktop.

Kesimpulan

Setelah membandingkan dan mencoba beragam produk software baik cloud maupun desktop, kami menemukan dan menggarisbawahi beberapa hal ini:

  1. Saat membuka suatu form, software desktop lebih cepat, di cloud membutuhkan waktu sedikit lama.
  2. Di software desktop lebih mudah dan simpel saat ingin melihat atau menghapus transaksi, bisa melihat atau menghapus data dari daftar. Sedangkan di software cloud untuk bisa melihat atau menghapus harus masuk lebih dulu ke transaksinya.
  3. Software desktop lebih fleksibel dibanding software cloud dalam segi mengubah dan merancang formulir.
  4. Modul lebih komplet di software desktop, software cloud rata-rata tidak memiliki modul manufaktur.

Selain poin-poin di atas kami juga menyoroti beberapa hal terkait penggunaan software cloud, yaitu terkait keamanan data, mengingat seluruh data transaksi disimpan di server cloud. Data tersebut rawan bocor atau diretas, selain itu faktor keamanan username dan password harus betul-betul dijaga agar tidak diketahui orang lain.

Kesimpulannya, meski saat ini sedang tren memakai software cloud, tetapi ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan. Selain faktor keamanan data dan username di atas, faktor internet harus menjadi pertimbangan Anda. Belum meratanya koneksi internet di negara kita dan seringnya terjadi gangguan internet perlu menjadi catatan bagi Anda. Sebab, software cloud sangat tergantung kepada koneksi internet untuk bisa dioperasikan.

Terakhir, terkait pilihan Anda menggunakan software desktop atau cloud kami kembalikan Anda. Semua software tentu ada plus dan minusnya dan tentu harus disesuaikan lagi dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.