Software Akuntansi Cloud: Kelebihan & Kekurangan

Review Accounting Software akan kembali mengajak kamu semua untuk mempelajari hal-hal baru seputar software akuntansi. Setelah sebelum-sebelumnya kami membahas mengenai software akuntansi desktop dan software akuntansi berbasis mobile. Kali ini kami akan me-review jenis software akuntansi lain. Benar, yang akan kami kali ini adalah software akuntansi cloud. Dan untuk pendahuluan akan kami bahas mengenai kelebihan dan kekurangan menggunakan software akuntansi berbasis cloud atau online ini.

ilustrasi software akuntansi cloud

Definisi software akuntansi cloud yaitu software akuntansi yang menggunakan remote server hosting,di mana penggunanya input data ke cloud dan data tersebut akan diproses dan ditampilkan kembali kepada pengguna. Semua proses software akuntansi jenis ini hanya dapat dilakukan jika pengguna memiliki akses internet saja. Sedangkan untuk cara pemakaiannya masih sebelas-dua belas dengan software akuntansi desktop.

Segala sesuatu hampir pasti memiliki plus dan minusnya tersendiri. Demikian juga dengan software akuntansi berbasis cloud ini, tentu ada beberapa kelebihan dan kekurangannya. Di bawah ini adalah beberapa keuntungan dan kekurangan dari pemakaian perangkat akuntansi cloud.

Kelebihan Software Akuntansi Cloud

1. Dapat Digunakan Kapan Saja dan di Mana Saja

Kelebihan utama dari software jenis ini adalah dari sisi kemudahan aksesnya. Dalam artian, kamu bisa akses kapan pun dan di mana pun asal ada gadget dan internet. Jadi, sangat sesuai untuk kamu-kamu yang punya mobilitas tinggi saat bekerja.

2. Data Real-Time

Salah satu kelebihan cloud accounting adalah sistemnya akan selalu melakukan update data otomatis secara berkala. Jadi, data keuangan kamu yang tersimpan di software online tersebut juga akan selalu up to date.

3. Tidak Butuh Banyak Biaya untuk Perangkat

Cloud accounting bisa diakses melalui browser, entah itu dari PC, Laptop, dan Smarthphone. Jika sebuah perusahaan memutuskan untuk memakai perangkat akuntansi cloud maka bisa menekan biaya untuk perangkat karena bisa dioperasikan dari smartphone atau Laptop dengan spesifikasi standar.

Kekurangan Software Akuntansi Berbasis Cloud

1. Harus Ada Akses Internet

Namanya saja cloud, maka sudah dipastikan butuh internet untuk mengaksesnya. Jika kamu memutuskan untuk memakai software jenis ini, pastikan internet di daerahmu kencang dan minim gangguan. Sebab, jika internetnya buruk maka pasti akses ke cloud akan sulit.

2. Keamanan

Keamanan juga menjadi salah satu perhatian para pengguna perangkat cloud. Sebab, di dunia maya banyak pihak yang bisa saja ingin melihat, mengambil, dan mencuri data. Untuk itu kamu harus pilih software yang sudah teruji.

Itu tadi beberapa plus dan minus software akuntansi online. Semoga bisa menambah pengetahuan kamu semua. Bagi yang ingin memakai software cloud, pastikan untuk memilih dan membandingkan beberapa produk. Jangan langsung memilih sebelum mencobanya sendiri.

Untuk pembahasan beberapa produk software cloud Indonesia akan kami bahas di artikel-artikel selanjutnya. Jadi, stay tuned terus di Review Accounting Software untuk informasi seputar software akuntansi Indonesia.