Software Akuntansi Lokal Terbaik: Review Software Akuntansi Easy Accounting

Review Software Akuntansi - Desktop Easy Accounting

Software akuntansi kini sudah menjadi suatu kebutuhan yang penting. Berbagai bidang usaha mulai dari yang berskala kecil hingga besar pasti membutuhkan perangkat lunak ini. Dengan software akuntansi tentu akan mempermudah urusan perusahaan. Saat ini di Indonesia terdapat banyak software akuntansi karya anak bangsa dengan kualitas baik. Di kesempatan ini akan kami bahas yaitu tentang review software akuntansi Easy Accounting System.

Software yang logonya berwarna merah ini mulai dibuat pada tahun 2008 silam. Bermula dari EASY 1 yang hanya digunakan untuk internal perusahaan saja, kini EASY sudah mencapai versi 5. Tentu sudah banyak perubahan, perkembangan, dan kemajuan yang dicapai oleh Easy Accounting. Software besutan PT Global Informasi Fortuna Teknotama (PT GIFT) ini menawarkan banyak fitur dan kemudahan bagi penggunannya.

Nah, dalam review software akuntansi ini kami akan mencoba mengemukakan apa saja keunggulan yang dimiliki oleh Easy Accounting System. Modul, fitur spesial, serta kelebihan dan kekurangan Easy Accounting System akan dibahas menyeluruh dalam review software akuntansi berikut ini.

Modul Easy Accounting System

Review Software Akuntansi - Modul Easy Accounting
1.1 Modul Easy Accounting System

1. Modul Pembelian

  • Modul Pemasok/Supplier: Modul ini berfungsi untuk menambahkan dan menghapus Pemasok anda.
  • Modul Permintaan Pembelian: Modul ini berfungsi untuk membuat penawaran pembelian.
  • Modul Pesanan Pembelian: Input pesanan pembelian Anda menggunakan modul ini.
  • Modul Pengiriman Barang: Modul ini berfungsi untuk menginput pengiriman barang ke tempat Anda.
  • Modul Faktur dari Penerimaan Barang: Berfungsi untuk menginput faktur penerimaan barang.
  • Modul Faktur Pembelian: Input dan cetak faktur pembelian Anda melalui modul ini.
  • Modul Pembayaran Pembelian: Modul ini berfungsi untuk menginput pembayaran pembelian yang Anda terima.
  • Modul Retur Pembelian: Catat barang barang yang Anda retur melalui modul retur pembelian ini.

2. Modul Penjualan

  • Modul Pelanggan: Modul ini berfungsi untuk menambahkan dan menghapus pelanggan Anda.
  • Modul Permintaan Penjualan: Modul ini berfungsi untuk membuat penawaran penjualan.
  • Modul Pesanan Penjualan: Input pesanan penjualan anda menggunakan modul ini.
  • Modul Pengiriman Barang: Modul ini berfungsi untuk menginput pengiriman barang ke tempat anda.
  • Modul Faktur dari Pengiriman Barang: Berfungsi untuk menginput faktur pengiriman barang.
  • Modul Faktur Penjualan: Input dan cetak faktur penjualan anda melalui modul ini.
  • Modul Penerimaan Penjualan: Modul ini berfungsi untuk menginput penerimaan penjualan yang anda terima.
  • Modul Retur Penjualan: Catat barang barang yang di retur pelanggan melalui modul retur penjualan ini.

3. Modul Buku Besar

  • Modul Jurnal Umum: Modul ini berfungsi untuk mencatat transaksi yang biasa di catat dalam jurnal umum pada umumnya.
  • Modul Buku Bank: Tabel ini berfungsi untuk menampilkan mutasi transaksi yang berhubungan dengan kas/bank.
  • Modul Pembayaran Lainnya: Modul pembayaran lainnya berfungsi untuk mencatat transaksi pengeluaran kas dan bank.
  • Modul Rekonsiliasi Bank: Berfungsi untuk menunjukkan dan menjelaskan adanya perbedaan antara catatan kas menurut bank dan menurut perusahaan.

4. Modul Persediaan

  • Modul Penyesuaian Barang: Berfungsi untuk mencatat aktifitas penyesuaian jumlah persediaan antara pencatatan di sistem dengan catatan manual perusahaan (jumlah fisik sebenarnya).
  • Modul Pembiayaan Pesanan: Berfungsi untuk mencatat proses produksi sederhana berdasarkan pesanan (order).
  • Modul Pindah Barang: Modul ini berfungsi untuk mencatat perubahan posisi kuantitas barang dari satu Gudang ke Gudang yang lainnya.
  • Modul Pengelompokan Barang: Modul ini berfungsi untuk mengelompokkan beberapa barang menjadi 1 (satu) grup/paket barang.

5. Modul Aktiva Tetap

  • Modul Aktiva Tetap: Aktiva tetap adalah salah satu bagian dalam Laporan Keuangan yang terdapat dalam Neraca (Balance Sheet).
  • Modul Aktiva Tetap Pajak: Berfungsi untuk melihat daftar tipe Aktiva Tetap berdasarkan ketentuan perpajakan.
  • Modul Tipe Aktiva Tetap: Daftar tipe Aktiva Tetap berdasarkan ketentuan perpajakan.

6. Modul Manufaktur

  • Modul Formula Produk: Informasi tentang pilihan daftar barang dan daftar biaya yang digunakan untuk membuat suatu produk yang berupa Barang Setengah Jadi (Work In Process Inventory) atau Barang Jadi (Finish Goods).
  • Modul Perintah Kerja: Daftar perencanaan produksi yang dilakukan untuk melakukan suatu alur produksi dengan memilih Formula Produk yang telah tersedia.
  • Modul Pengeluaran Bahan Baku: Adalah aktifitas pengambilan atau pengeluaran barang dari gudang untuk produksi.
  • Modul Hasil Produksi: Adalah aktifitas pencatatan barang hasil produksi yang sudah selesai atau pengembalian barang ke gudang.

Fitur Spesial Easy Accounting System

Bukan review software akuntansi namanya jika tidak mengulik tentang fitur yang dimilikinya. Untuk fiturnya, Easy punya modul spesial mampu mengungguli pesaingnya, misalnya saja Accurate. Import Transaksi (excel), Easy Mobile (android), Fitur Exclusive Access for Branch office Transaction (EABT), dan Recurring merupakan fitur spesial milik Easy Accounting. Berikut adalah ulasan dari fitur spesial Easy Accounting System:

  • Import Transaksi (excel): Easy Accounting hadir sebagai software akuntansi satu-satunya dengan fitur import transaksi penjualan Anda secara otomatis ke dalam program akuntansi untuk otomatis juga menjadikanya laporan keuangan.
  • Easy Mobile (android): Easy mobile menyediakan laporan keuangan untuk berbagai jenis usaha anda secara realtime. Hal ini dimungkinkan dengan Easy Mobile gen 2. Dengan memakai Easy Mobile, perkembangan usaha anda dapat dipantau dari mana saja dan kapan saja.
  • E-Faktur: Software akuntansi Easy Accounting System adalah Software Akuntansi E-Faktur paket yang ada di Indonesia. Easy Accounting sudah support untuk pelaporan pajak berbasis E-faktur. Easy Accounting dapat di gunakan di semua bidang usaha yang menggunakan e-faktur.
  • Fitur Exclusive Access for Branch office Transaction (EABT): Dengan fitur ini memungkinkan pengguna mengolah data tiap cabang dalam satu database.
  • Recurring (Transaksi Berulang): Fitur ini dapat memudahkan Anda menginput transaksi di formulir transaksi tertentu di mana informasinya selalu sama, hanya dibedakan tanggal dan keterangan lainnya.

Review Software Akuntansi Easy Accounting System

Kelebihan

Review Software Akuntansi - Tampilan Easy
1.2 User Interface Easy Accounting

1. User Interface Menarik

Pertama kali melihat software ini kami langsung tertarik dengan user interface-nya. Kesan modern dipadu dengan warna cerah membuatnya berbeda dengan software akuntansi lain. Tampilannya sangat jauh jika dibanding dengan produk lain yang rata-rata masih tampak jadul.

2. Performa Stabil

Soal kestabilan performa, Anda tidak perlu khawatir karena Easy Accounting sudah teruji. Easy dibangun menggunakan engine Firebird 3.0 yang terbukti handal dan stabil pada semua sistem operasi windows.

3. Harga Kompetitif

Mengenai harga, Easy Accounting tergolong bersaing dengan software lainnya. Trading edition dibandrol 8 juta, project edition 9,5 juta , versi platinum 18 juta rupiah, dan versi enterprise seharga 33 juta rupiah. Untuk add on ekstra lisensi diberi harga 2.500.000.

4. Layanan Purna Jual Mumpuni

Easy Accounting juga menyediakan layanan purna jual yang cukup baik bagi customernya. Para pengguna software Easy tak perlu takut jika mengalami kendala. Tim support Easy Accounting selalu siap membantu para pelanggannya.

Customer bisa menanyakan apa saja seputar software Easy via email, telepon, chatting, dan remote (teamviewer). Feedback yang diberikan juga cepat. Easy Accounting System juga menyediakan tips dan trik seputar penggunaan perangkat lunak untuk kenyamanan pelanggan.

Kekurangan

1. Sementara Hanya Support OS Windows

Easy Accounting dibuat dengan Engine Firebird yang membuatnya stabil ketika digunakan di OS Windows. Tetapi, hal itu menyebabkan Easy Accounting tidak bisa digunakan di OS lain seperti Linux dan MacOS.

Kesimpulan

Itulah review software akuntansi tentang keunggulan dan fitur yang dimiliki oleh Easy Accounting System. Singkatnya, jika Anda mencari software akuntansi dengan harga bersaing namun punya performa dan layanan bagus, Anda bisa memilih Easy Accounting System.

Easy Accounting cocok untuk segala jenis usaha. Banyak perusahaan bonafide di Indonesia yang menggunakan produk Easy Accounting. GO-JEK, Kompas TV, Hisense, Primagama, Modena, Jaya Ekspress (Ekspedisi JD.id), Denpoo dan Kaldera adalah contoh perusahaan yang memakai software Easy Accounting.

Setelah membaca review software akuntansi dari kami, jika Anda berminat terhadap produk Easy Accounting bisa langsung mengunjungi website resmi milik Easy Accounting yaitu www.easyaccountingsystem.co.id. Atau jika Anda ingin berkonsultasi langsung dengan pihak marketing Easy, silahkan hubungi nomor 021- 225-451-83 atau 0838-771-771-19 untuk WhatsApp.

Selain review software akuntansi, Anda bisa juga membaca rekomendasi software akuntansi lokal terbaik Indonesia. Semoga melalui review software akuntansi ini bisa membantu Anda untuk menemukan software akuntansi yang cocok untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.