Yuk, Cari Tahu Perbedaan Kas dan Modal Dalam Akuntansi

Di dalam akuntansi ada beberapa istilah yang sering kita kira sama tetapi sebenarnya berbeda. Contoh istilah yang masuk ke dalam kategori tersebut adalah kas dan modal. Nah, untuk menghilangkan kebingungan tersebut kita akan bahas secara tuntas perbedaan kas dan modal dalam akuntansi.

Kita akan bahas mulai dari definisi dari modal dan kas, lalu apa saja perbedaannya, dan contohnya di dalam usaha sehingga bisa langsung kamu semua pahami. Langsung saja kita mulai pembahasannya.

Apa itu Kas?

Definisi kas adalah salah satu bagian dari aktiva yang paling lancar berwujud uang, wesel, cek, dan lainnya yang bisa dipergunakan segera untuk memenuhi kewajiban finansial perusahaan. Sedangkan untuk jenisnya kas bisa digolongkan menjadi 2 yaitu:

1. Kas Kecil

Kas kecil atau petty cash adalah sejumlah uang kas atau uang tunai yang disediakan perusahaan untuk membayar pengeluaran-pengeluaran yang jumlahnya relatif kecil dan tidak ekonomis bila dibayar dengan cek.

2. Kas di Bank

uang yang disimpan oleh perusahaan di rekening bank tertentu yang jumlahnya relatif besar dan membutuhkan keamanan yang lebih baik.

Apa itu Modal?

Definisi modal adalah kumpulan dari uang, aset, barang, dan utang yang digunakan untuk menjalankan suatu usaha. Dari sumbernya modal bisa diklasifikasikan ke dalam 2 jenis yaitu:

1. Modal Internal

Dari namanya saja sudah kelihatan bahwa jenis modal ini adalah modal yang berasal dari dalam perusahaan. Modal internal ini sifatnya terbatas karena biasanya hanya berasal dari keuntungan atas aktifitas yang dilakukan perusahaan. Karena sifatnya yang terbatas inilah terkadang perusahaan tidak bisa berkembang dengan cepat meskipun laba yang dihasilkan cukup besar.

2. Modal Eksternal

modal eksternal adalah modal yang sifatnya tidak terbatas sehingga jika perusahaan mendapatkan modal ini, perusahaan dapat berkembang dengan cepat. Contoh modal eksternal adalah investasi dan pinjaman dari bank.

Contoh Kas dan Modal

Agar kamu lebih paham mengenai perbedaan kas dan modal kami akan berikan contoh agar lebih mudah dimengerti. Contohnya seperti ini, Toko Willow memiliki sebuah kendaraan operasional seharga 12.000.000 dan uang dengan nominal 4.500.000. Dari contoh di atas bisakah kamu menebak berapa kas dan modal yang dimiliki oleh Toko Willow tersebut?

Kita kasih tahu jawabannya. Jadi, Toko Willow tersebut memiliki:

Kas: 4.500.000

Modal: 12.000.000 + 4.500.000= 16.500.000.

Bagaimana? Sudah paham bukan perbedaan kas dan bank dari definisi dan contoh di atas? Selain pengetahuan umum seperti artikel ini, masih banyak pengetahuan lain yang bisa kamu baca di sini mulai dari review, perbandingan, sampai tutorial transaksi di software akuntansi.  Jadi, pantau terus Review Accounting Software ya.