Myob vs zahir

 

Software Akuntansi – MYOB Accounting adalah program aplikasi akuntansi yang digunakan untuk mengotomatiskan pembukuan secara lengkap, cepat, dan akurat dan mulai dikembangkan di Australia pada awal tahun 1990an. Untuk menjalankan software tersebut perlu seseorang yang tidak hanya menguasai akuntansi tetapi juga harus menguasai bahasa inggris, karena pada aplikasi MYOB istilah nama akun-akunnya menggunakan istilah dalam bahasa inggris.

1.1 Logo Myob

Meskipun MYOB dikembangkan di Australia, namun terdapat pula versi MYOB yang bisa diterapkan untuk kawasan Asia seperti di Malaysia, Singapura, Thailand, Hongkong, bahkan Indonesia, Tujuan dikembangkannya Myob kedalam versi lain ialah agar bisa disesuaikan terutama dengan peraturan perpajakan dimasing-masing negara. Setiap negara memiliki peraturan dan kebijakan tersendiri dalam mengatur pajak sehingga tidak semua software bisa digunakan untuk membuat pembukuan.

MYOB memiliki tiga versi besar, yakni Basic, Accounting, dan Premier. Berikut perbedaan dari ketiga versi tersebut :

1.2 Versi-versi MYOB

 

 

MYOB banyak dipakai kalangan bisnis karena memiliki bebebrapa keunggulan sebagai berikut :

  • User friendly (mudah digunakan)
  • Tingkat keamanan (security) yang valid untuk setiap user
  • Kemampuan eksplorasi semua laporan ke program Excell tanpa melalui proses ekspor impor file yang rumit
  • Dapat diaplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasikan
  • Mampu menampilkan laporan dalam format komparasi serta menampilkan analisis laporan dalam bentuk grafik
  • Bisa dijalankan offline maupun online

Kelemahan MYOB

  • Tidak adanya fitur pajak
  • Tidak ada pengelolaan untuk harta tetap
  • Tidak memungkinkan adanya laporan konsolidasi yang dibutuhkan oleh perusahaan multy company

 

Zahir

1.3 Logo Zahir

Zahir Accounting Versi 1.0 dibuat pertama kali pada tahun 1996 dan pada tahun 1997, mulai dikembangkan Versi 2.0 dan mulai dipasarkan pada tahun 1999. Software ini telah digunakan lebih dari 2000 perusahaan kecil maupun perusahaan besar dengan 6000-an user di Indonesia, telah memperoleh beberapa penghargaan di tingkat nasional.

Zahir (ZAH/R) Accounting adalah suatu software akuntansi laporan keuangan terbaik di Indonesia yang penuh inovasi, fleksibel, berfasilitas lengkap dan berdaya guna tinggi. Software ini berbasiskan Windows 98/2000/NT/XP/Vista. Perintah-perintah didalam software ini menggunakan bahasa Indonesia karena memang software ini dibuat untuk kebutuhan usaha di Indonesia, Oleh karena itu, mudah digunakan dan berbeda dengan software akuntansi lainnya.

Fasilitas-fasilitas yang ada pada software Zahir :

  • Pencatatan Jurnal Umum, Penjualan, Pembelian, Kas Masuk, Kas Keluar, Persediaan dengan kemampuan mengaitkan transaksi kepada suatu proyek. Fasilitas Transaksi berulang untuk membuat jurnal dari transaksi yang sering berulang.Laporan neraca, Laba Rugi, Buku besar, Neraca Lajur, Aliran Kas, Hutang Piutang, Persediaan dan proyek.
  • Pencatatan biaya proyek yang lengkap dan mendetail, sehingga penerapan akuntansi biaya di perusahaan akan sangat mudah, dan mendukung sistem “Activity Based Costing”.
  • Pencatatan persediaan yang lengkap dengan sistem biaya : FIFO, LIFO, dan Average Costing, fasilitas pembuatan jurnal otomatis seperti Auto Build dan Stock Opname serta fasilitas untuk Penentuan Harga Jual.
  • Pembuatan jurnal penyesuaian persediaan dan cadangan penghapusan piutang secara otomatis saat pembuatan jurnal penjualan.
  • Pengelolaan Harga Tetap, dengan fasilitas dengan penentuan beban penyusutan dengan berbagai metode. Serta fasilitas pembuatan jurnal penyusutan otomatis saat tutup buku bulanan.
  • Pencetakan faktur penjualan,pembelian, faktur pajak dengan kemudahan untuk mengkostumisasi layout faktur sesuai keinginan pengguna

Jenis-jenis Produk Sofware Zahir Accounting :

  • Zahir Payroll V 1.0 berguna untuk pengelolaan data karyawan dan proses penggajian.
  • Zahir Merdeka dapat menggunakan Zahir Accounting tanpa harus membeli paket berharga mahal, cukup membeli CD Starterkit dan Voucher Pra Bayar, mulai Rp 34 ribu per 30 hari transaksi (Termasuk PPN).
  • Zahir POS Versi 5.1 merupakan software kasir yang berfungsi mencatat penjualan harian dengan kecepatan input transaksi yang tinggi.
  • Zahir Report Server Versi 5.1 merupakan aplikasi web based untuk melihat laporan dan grafik melalui internet melalui aplikasi web browser.
  • Zahir Small Business Accounting Versi 5.1 berguna untuk pembukuan sederhana, mengelola uang, piutang, tagihan dan pelaporan dengan harga sangat terjangkau.
  • Zahir FlexyMoney Versi 5.1 berguna untuk pembukuan praktis dan lengkap, yang mengelola uang, giro, piutang, tagihan dan pelaporan secara mudah dan cepat.
  • Zahir FlexyTrade Versi 5.1 berguna untuk pembukuan praktis dan lengkap, mengelola uang, persediaan barang dagangan, piutang, tagihan dan pelaporan secara mudah dan cepat.
  • Zahir Accounting Personal Versi 5.1 berguna untuk usaha yang menerima order dengan sistem proyek, mengelola dan menghitung penyusutan fixed asset, sesuai untuk bidang usaha advertising, kontraktor, dll.
  • Zahir Accounting Standard Versi 5.1 memberikan kemudahan dalam mengelola proyek, menghitung penyusutan fixed asset, sesuai untuk bidang usaha kontraktor, realestate, pabrik kecil, ritail, dll
  • Zahir Enterprise Versi 5.1 menggunakan database Client Server dengan berbagai fasilitas baru seperti multi level pricing, salesman commission, laporan yang dapat didesain, laporan dapat di drill down untuk menampilkan detail laporan, dll

Keunggulan dari zahir adalah zahir dibuat oleh perusahaan Indonesia, sehingga penggunaannya dapat dipastikan jauh lebih mudah. Selain itu Zahir juga sudah dilengkapi dengan fitur pajak yang sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku di Republik ini. Hal ini tentu saja lebih mempermudah bagi seorang akuntan untuk melaksanakan tugas mereka pada perusahaan.  Secara modul zahir cukup lengkap dengan mencakup semua jenis transaksi dari penjurnalan sampai kepada Laporan-laporan.

 

Dari Review Perbedaan Myob Accounting dan Zahir Accounting, Mana yang Lebih Unggul?

Perkembangan teknologi banyak menciptakan alat yang dapat membantu pekerjaan manusia. Dengan alat-alat ini pekerjaan manusia terasa lebih ringan. Tak terkecuali dalam bidang akuntansi. Ada banyak software yang tersedia dan mengklaim memiliki program dan fitur lengkap untuk menyelesaikan pekerjaan seputar akuntansi. Myob dan Zahir merupakan pemain lama serta cukup punya nama di Indonesia, dari keduanya mana yang lebih baik?

Kedua software akuntansi ini memiliki keunggulan tersendiri. Berikut beberapa poin yang bisa digarisbawahi sebagai referensi anda dalam memilih:

Pertama adalah dari segi bahasa. Myob adalah software buatan luar sedangkan Zahir buatan lokal. Dari segi bahasa, tentu saja Zahir lebih mudah untuk dioperasikan. Sedangkan untuk mengoperasikan Myob, anda harus bisa juga memahami bahasa Inggris.

Kedua dari segi fitur dan fasilitas. Pada software Myob, terdapat beberapa fitur yang masih kurang lengkap seperti fitur pengelolaan pajak salah satunya. Sedangkan untuk Zahir sudah tersedia dalam berbagai varian produk dengan fitur yang sudah disesuaikan menurut kebutuhan akuntansi di Indonesia.

Dari segi kompatibilitas dan efektivitas, Myob sebenarnya lebih cocok untuk digunakan oleh kalangan yang sudah sangat berpengalaman dalam bidang akuntansi. Sedangkan Zahir memiliki program dan fitur yang lebih user-friendly sehingga bisa digunakan oleh siapapun termasuk yang belum begitu ahli dalam bidang akuntansi.

 

Demikian review kami, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.