Masih Pentingkah Layanan Purna Jual Via Telepon untuk Software Akuntansi?

Layanan Purna Jual - Tim Support

Layanan purna jual atau after sales service adalah suatu layanan yang disediakan oleh produsen kepada konsumen setelah konsumen membeli produk dari perusahaan tersebut. Jadi, pihak konsumen tidak begitu saja lepas tangan atas konsumen setelah terjadi transaksi jual beli.

Pihak produsen mau susah payah melakukan layanan ini karena memiliki efek positif terhadap citra produk dan perusahaan. Keuntungan dari layanan purna jual ini yaitu:

  • Menumbuhkan kepuasan, kekaguman, rekomendasi dan di atas semuanya pembelian ulang.
  • Menciptakan kepercayaan, keyakinan diri, dan reputasi.
  • Menjaga konsumen lama sekaligus mencari konsumen baru.

Hampir semua perusahaan mempunyai layanan purna jual, tidak terkecuali untuk software akuntansi. Layanan purna jual dari perusahaan di bidang ini biasanya melalui telepon, e-mail, live chat, Whats-App atau dengan platform lainnya.

Dalam artikel ini kami akan mencoba membahas tentang masih pentingkah fungsi salah satu media untuk melakukan layanan purna jual yaitu telepon. Di zaman yang sudah serba maju dan dijejali teknologi mutakhir ini tentu terjadi perbedaan pendapat tentang masih penting dan efektifkah after sales service via telepon.

Efektivitas Layanan Purna Jual Via Telepon

Layanan yang satu ini mungkin bukan yang paling canggih di antara yang lain. Tetapi, layanan ini masih dijalankan oleh banyak perusahaan. Dalam dunia software akuntansi, masih banyak brand yang mengadopsi  layanan ini. Tentu saja layanan ini juga dipadukan dengan platform lain yang canggih.

Meski telepon bukan teknologi tercanggih di era ini, namun efektivitasnya tidak bisa diragukan lagi. Melalui telepon tentu si konsumen bisa langsung terhubung dengan pihak produsen. Saran maupun keluhan bisa disampaikan secara langsung dan pemecahan masalah bisa saja terjadi secara instan.

Layanan Purna Jual di Beberapa Software Akuntansi

Kami akan mengambil beberapa contoh software akuntansi yang memakai layanan ini. Contoh pertama adalah dari Zahir Accounting. Zahir memakai layanan telepon ini bagi konsumen yang ingin berkomunikasi secara langsung dengan mereka tentang produk mereka.

Selanjutnya adalah after sales service via telepon milik Easy Accounting System. Easy tampak serius dalam menjalankan layanan purna jual via telepon. Mereka punya tiga line telepon yang selalu siap menerima aduan dan keluhan para konsumen pada hari kerja.

Dilansir dari website resminya, support Easy Accounting menjanjikan layanan telepon dengan respon cepat. Tim support Easy Accounting siap menangani kendala teknis yang dialami oleh penggunanya.

Sedikit berbeda dari kedua software di atas, Accurate punya layanan telepon support yang tidak terlalu diprioritaskan. Accurate tidak memprioritaskan layanan telepon dengan beberapa alasan yaitu komunikasinya tidak terdokumentasi, lewat telepon tidak bisa mengirimkan gambar tampilan, dan harus berulang kali menyampaikan kendala.

Kesimpulan

Setelah membandingkan dan melihat beberapa layanan purna jual via telepon milik beberapa software akuntansi, kami mengambil kesimpulan bahwa service jenis ini masih sangat penting. Sebab, banyak konsumen yang merasa bahwa via layanan ini lebih praktis dan terasa bersentuhan langsung dengan pihak produsen.

Telepon juga mampu menjembatani tim support untuk mengatasi kendala yang butuh data visual. Keluhan konsumen bisa diteruskan via email atau chat untuk mengirim gambar. Sebab, jika langsung dari email seringkali respon yang didapat kurang cepat. Jadi, alasan bahwa layanan via telepon kurang memberikan detail bisa terbantahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.