Pengertian Liabilitas Lancar dan Jenis-jenisnya

Review Accounting Software kembali akan membahas pengetahuan tentang akuntansi. Kali ini yang akan dibahas adalah tentang current liability atau liabilitas lancar. Kami akan ulas mengenai pengertian liabilitas lancar beserta jenis-jenisnya. Langsung saja kita mulai pembahasannya.

Definisi Liabilitas Lancar

Pertama kita cari tahu dulu apa pengertian liabilitas lancar. Current liability atau liabilitas lancar adalah utang-utang atau kewajiban yang harus segera dilunasi dengan menggunakan aktiva lancar dalam jangka pendek atau kurang dari satu tahun. Liabilitas lancar mengurangi fleksibilitas keuangan karena perusahaan mempunyai kewajiban untuk segera membayarnya dan mengharuskan pembayaran dari aset lancar atau timbulnya liabilitas lainnya. Kita bisa menemukan current liability di bagian neraca keuangan.

Jenis Liabilitas Lancar

Berikut ini adalah beberapa jenis liabilitas atau kewajiban lancar yang biasa ditemui di neraca keuangan.

1. Utang Dagang

Utang dagang terjadi saat perusahaan telah membeli dan menerima suatu barang, perlengkapan, atau jasa dari pihak lain misalnya pemasok tetapi belum dibayar secara tunai.

2. Utang Wesel

Istilah di atas merupakan kewajiban utang jangka pendek dengan menggunakan jaminan tertentu, tanpa syarat, tercantum dalam perjanjian tertulis dan bisa diperjual belikan kepada orang lain.

3. Utang Pajak

Merupakan kewajiban dari wajib pajak untuk membayarkan pajak, sanksi administrasi berupa bunga, denda, dan kenaikan yang tercantum pada surat ketetapan pajak berdasarkan undang-undang perpajakan.

4. Pendapatan Diterima Di Muka

Merupakan jumlah uang yang diterima dari pihak konsumen atau pembeli untuk suatu barang atau jasa yang akan diserahkan dalam periode yang akan datang.

5. Utang Jangka Panjang yang Jatuh Tempo Tahun Ini

Seluruh atau sebagian utang dari obligasi dan utang-utang jangka panjang lain yang akan dilunasi di tahun ini.

6. Utang Dividen

Merupakan bagian dari laba perusahaan yang diputuskan untuk dibagikan kepada pemegang saham dalam bentuk dividen.

Kesimpulan

Dari penjelasan tentang pengertian liabilitas lancar dan jenis-jenisnya di atas, kamu bisa mencatat tiga poin penting berikut:

  • Current Liability adalah hutang jangka pendek perusahaan yang jatuh tempo dalam waktu satu tahun atau dalam siklus operasi normal.
  • Liabilitas lancar biasanya diselesaikan menggunakan aset lancar, yaitu aset yang bisa digunakan dalam waktu satu tahun.
  • Contoh liabilitas lancar antara lain utang usaha, utang jangka pendek, dividen, dan wesel bayar serta pajak penghasilan terutang.

Cukup sekian informasi dari Review Accounting Software. Baca dan ikuti terus situs ini agar selalu up to date dengan perkembangan akuntansi dan software akuntansi Indonesia. Kita jumpa lagi di artikel-artikel lainnya.