Mengulik Modul Proyek Kontraktor, Modul Unggulan Accurate Accounting

Accurate - Proyek KontraktorJika Anda memiliki usaha yang bergerak di bidang kontraktor, mengurus biaya suatu proyek tentu sangat krusial. Nah, untuk memudahkan pembukuan keuangan di proyek Anda tentu butuh sebuah software akuntansi yang bagus. Kali ini kami akan membahas sebuah software yang punya modul untuk sebuah proyek kontraktor. Software akuntansi Accurate Accounting mempunyai modul proyek kontraktor yang bisa membantu mengurus seputar biaya proyek.

Modul Project Kontraktor Accurate Accounting

Accurate Accounting - Modul Proyek Kontraktor

Di dalam Accurate Accounting Software Deluxe Edition V4 terdapat modul Project/Kontraktor. Modul ini berfungsi untuk mencatat pembukuan kontraktor konstruksi atau kontraktor yang bersifat umum. Dengan modul project kontraktor memungkinkan penggunanya mengetahui biaya-biaya yang dikeluarkan.

Di dalam modul ini terdapat fitur Rencana Anggaran Biaya (RAB) sehingga pengguna bisa memonitor status dan biaya pengerjaan suatu proyek. Dengan modul dan fitur dari Accurate Accounting ini Anda bisa melakukan hal ini:

  • Mengakses hal yang lebih detail terkait proyek yang sedang berlangsung, apakah masih menguntungkan atau tidak.
  • Menyajikan laporan yang lengkap terkait jam kerja mesin dan tenaga kerja, bahan baku yang perlu dibeli, dan biaya-biaya lainnya.

Flow Project Kontraktor

Modul ini terdiri dari beberapa sub modul, tiap sub modul dipakai untuk mencatat transaksi yang dibutuhkan yaitu:

  • Sub modul bahan baku:  berfungsi untuk mendaftarkan bahan material yang digunakan untuk keperluan proyek.
  • Sub modul upah pekerja: berfungsi untuk menentukan upah pekerja berdasarkan jabatan dan tugas pekerja dan sewa alat kontraktor ini bisa disebut Overhead Cost Proyek.
  • Sub modul Rencana Anggaran Biaya (RAB): fungsinya untuk menganalisa berapa material dan biaya yang digunakan untuk pengerjaan proyek tersebut.
  • Sub modul proyek: berfungsi untuk mencatat daftar proyek yang akan dikerjakan dan memasukkan RAB dari pekerjaan proyek yang ditentukan dan penjadwalan pembayaran dari proyek tersebut.
  • Sub modul bahan baku terpakai: berfungsi untuk mencatat pengeluaran atau pemakaian material yang digunakan.
  • Sub modul survey proyek:  berfungsi untuk mencatat estimasi kemajuan pekerjaan proyek yang sedang berjalan.
  • Sub modul tagihan proyek: berfungsi untuk membuat tagihan proyek yang sudah ditentukan sesuai dengan waktu yang sudah dijadwalkan.
  • Sub modul penyelesaian proyek: berfungsi untuk mencatat bahwa proyek tersebut sudah selasai dikerjakan.

Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Salah satu fitur atau modul yang menjadi keistimewaan Accurate Accounting adalah Rencana Anggaran Biaya. RAB ini bisa dibilang menjadi salah satu nilai jual dan daya tarik dari perangkat lunak yang sudah didirikan sejak tahu 1999 silam.

Dengan fitur RAB ini untuk mengantisipasi kejadian tidak diinginkan pada proyek anda. Fitur ini terdiri dari dua komponen utama yaitu volume pekerjaan dan harga satuan.

Volume pekerjaan dapat diperoleh dengan melakukan perhitungan dari gambar rencana yang tersedia atau berdasar kebutuhan di lapangan. Sedangkan, harga satuan didapat dari analisa harga satuan dengan mempertimbangkan banyak hal, di antaranya: bahan/material dan upah tenaga kerja.

Dengan adanya RAB di dalam modul kontraktor membuat Accurate Accounting unggul dari software akuntansi lokal Indonesia. Modul proyek ini kami rekomendasikan kepada Anda yang sedang mengerjayakan suatu proyek konstruksi.

Jika Anda butuh informasi lebih banyak tentang Accurate Accounting, Anda bisa langsung cek situs resmi Accurate di www.cpssoft.com Sebagai penutup, kami juga menyarankan Anda untuk terus membaca artikel di situs ini. Dalam situs ini kami menyediakan rekomendasi, perbandingan, dan layanan dari software-software lokal Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.