Mengenal Software Private Cloud dan Public Cloud Plus Perbedaannya

Saat membahas tentang teknologi cloud tentu tidak akan lepas dari penyimpanannya. Tahukah kamu? Bahwa ada dua jenis penyimpanan cloud. Yang pertama adalah private cloud dan public cloud. RAS akan membahas mengenai apa definisi dari keduanya dan apa saja perbedaannya, kami akan membawa Anda untuk mengenal private cloud dan public cloud lebih jauh lagi.

Definisi Private Cloud dan Public Cloud

Kita mulai dari apa artinya terlebih dulu. Definisi private cloud atau cloud pribadi adalah salah satu jenis teknologi yang sangat populer sebagai solusi hosting. Sistem awan pribadi ini juga dikenal dengan internal atau eksternal sistem, dan digunakan oleh perusahaan untuk membangun data center. Cloud pribadi dapat menyimpan semua data yang dilindungi oleh firewall dan bisa diakses dengan mudah.

Sedangkan definisi public cloud atau cloud publik adalah jenis teknologi penyimpanan awan yang digunakan lebih dari satu perusahaan atau instansi. Dengan jenis teknologi ini, pengguna tidak bertanggung jawab atau berwenang atas pengelolaan solusi hosting dari publik. Teknologi ini dapat memudahkan proses pengelolaan maupun pengujian produk baru di dalam perusahaan.

Keunggulan Private Cloud

Private cloud atau cloud publik tentu punya keunggulan tersendiri, berikut adalah beberapa keunggulannya:

1. Keamanan dan Privasi Private Cloud Lebih Tinggi

Layanan private bersifat lebih pribadi dan tidak dapat dijangkau umum atau selain pemiliknya dan sumber daya dibagi dari kumpulan sumber daya yang berbeda. Sehingga, saat menyimpan data di private cloud akan lebih aman dan pribadi.

2. Maintenance Lebih Mudah

Private cloud dari segi harganya memang lebih mahal, tetapi dari segi maintenance lebih efisien. Saat ada masalah, kendalanya lebih mudah dilacak dan diperbaiki karena sistem layanan bersifat pribadi. Di private cloud juga lebih mudah saat pengguna ingin menambah atau meningkatkan kapasitas resource seperti SSD.

3. Kontrol Penuh

Private cloud memiliki kontrol penuh atas sumber daya dan perangkat lainnya, karena hanya pemilik yang bisa mengaksesnya.

Keunggulan Public Cloud

1. Biaya Lebih Murah

Pengguna public cloud tidak perlu menyediakan software dan hardware karena sudah disediakan oleh pihak penyedia layanannya.

2. High Scalability

Cloud resources tersedia berdasarkan permintaan dari kumpulan resource, dapat diupgrade atau downgrade sesuai kebutuhan dari pengguna.

3. Reliability

Public cloud menggunakan banyak sumber daya dari lokasi yang berbeda karena jika salah satu sumber gagal maka bisa menggunakan sumber daya dari lokasi lain.

4. Fleksibel

Public cloud dapat diintegrasikan dengan public cloud lainnya.

Kesimpulan

Demikianlah definisi dan keunggulan dari private cloud dan public cloud, semoga artikel ini membuat Anda semua makin mengenal private cloud dan public cloud. Sehubungan dengan hal yang sering kita bahas yaitu software akuntansi, public cloud dan private cloud juga digunakan di software akuntansi berbasis cloud. Di artikel selanjutnya akan kita bahas cloud accounting mana yang memiliki kedua layanan tersebut.