Belajar Software Akuntansi Part 03: Membuat Proyek dan Transaksi di Dalamnya

Review Accounting Software kembali akan mengajak Anda untuk belajar seputar software akuntansi. Kali ini yang akan menjadi pokok pembahasan adalah mengenai proyek sekaligus cara membuat proyek dengan software akuntansi. Dalam praktik sebuah perusahaan lazim ditemui proyek, bahkan sebuah perusahaan bisa mengurusi beberapa proyek sekaligus.

Dalam artikel ini, kami akan mengajak para pembaca untuk lebih mendalaminya. Mengenai bagaimana cara membuatnya, transaksi apa saja yang terkait, dan bagaimana cara melihat apakah proyek tersebut untung atau rugi di software akuntansi Accurate dan Easy Accounting System.

Sebagai ilustrasi atau contoh kasusnya, PT Techstone akan mengikuti sebuah pameran elektronik di kota Semarang. Dalam pameran tersebut PT Tech Stone berhasil menjual barang-barang yang dibawanya. Selain itu, perusahaan mengeluarkan biaya untuk membayar gaji, biaya sewa stand, dan peralatan untuk pameran. Nah, langsung saja kita mulai untuk membuat pembukuan atas proyek dari PT Tech Stone tersebut.

Membuat Proyek Baru

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat proyek baru dan misalnya kita namakan proyek tersebut ‘Semarang Electronic Expo’. Berikut langkah-langkah untuk membuatnya di software akuntansi Easy Accounting System dan Accurate beserta detail pengisiannya.

Proyek Baru di Easy Accounting System

1. Klik Master Data kemudian pilih Proyek.

membuat proyek di easy 5 - 1

2. Klik Baru.

membuat proyek di easy 5 - 2

3. Isi detail proyek yang dibuat seperti No Proyek, Nama Proyek, Nama Kontak, dan Deskripsi (jika diperlukan). Terakhir klik Simpan dan Keluar.

membuat proyek di easy 5 - 3

4. Proyek yang telah disimpan bisa dilihat di daftar Proyek.

membuat proyek di easy 5 - 4

Proyek Baru di Accurate

1. Klik Daftar kemudian sorot ke menu Proyek lalu klik Proyek.

membuat proyek di accurate - 1

2. Klik Baru kemudian pilih General.

membuat proyek di accurate - 2

3. Isi detail proyek pada kolom yang disediakan seperti: Np Proyek, Nama Proyek, Deskripsi Proyek, Nama Kontak, Nama Manajer, Tanggal Mulai dan Tanggal Selesai. Terakhir klik Simpan & Tutup.

membuat proyek di accurate - 3

Transaksi Terkait Proyek

Di dalam sebuah proyek ada beberapa aktifitas yang harus dicatat dan dibuat pembukuan. Karena proyeknya adalah pameran, maka berhubungan dengan penjualan. Selain itu, untuk mengikuti pameran perusahaan tersebut pasti akan mengeluarkan biaya, baik untuk gaji, sewa, peralatan, dan lain-lain. Berikut adalah beberapa contoh transaksi yang ada di dalamnya.

1. Faktur Pembelian

Faktur Pembelian Proyek Easy Accounting System

1. Klik Jalan Pintas lalu pada menu pembelian pilih Faktur Pembelian.

2. Pilih Pemasok kemudian isi no faktur lalu pilih barangnya yaitu Roll Banner kemudian isi kuantitas dan harganya. Isi kolom proyek kemudian klik Simpan dan Keluar.

Faktur Pembelian di Accurate

1. Klik Pembelian lalu pilih Faktur Pembelian.

2. Pilih Pemasok kemudian isi no faktur, pilih barang lalu isi kuantitas dan harganya. Klik dua kali di kolom proyek lalu pilih proyeknya kemudian klik Simpan dan Keluar.

2. Faktur Penjualan

Faktur Penjualan Proyek Easy Accounting System

1. Klik Jalan Pintas kemudian klik Faktur Penjualan.

2. Klik Pelanggan lalu pilih salah satu nama di dalamnya, pilih barang lalu isi berapa kuantitasnya, klik dua kali kolom Proyek untuk memilih proyek.

3. Akan muncul pilihan proyek yang ada, klik proyek Semarang Elektronik Expo.

4. Pastikan semua barang tersebut dimasukkan ke proyek yang diinginkan, kemudian klik Simpan dan Keluar.

Faktur Penjualan Proyek Accurate

1. Pada menu Penjelajah klik Penjualan kemudian klik Faktur Penjualan.

2. Pilih Pelanggan yang diinginkan kemudian pilih barang dan isi kuantitasnya. Klik dua kali di kolom Proyek kemudian pilih proyek yang diinginkan dan terakhir klik Simpan & Tutup.

3. Penerimaan Penjualan

Penerimaan Penjualan Easy Accounting System

1. Klik Jalan Pintas kemudian pilih Penerimaan Penjualan.

2. Pilih Pelanggan kemudian pilih akun Bank yang akan digunakan, ceklis kolom Bayar pada rincian faktur. Klik Informasi Lainnya kemudian pilih Proyeknya, terakhir klik Simpan dan Keluar.

Penerimaan Penjualan di Accurate

1. Klik Penjualan kemudian pilih Penerimaan Penjualan.

2. Pilih pelanggan kemudian pilih akun Bankdan pilih Proyek. Ceklis kolom Bayar kemudian klik logo kalkulator agar nominalnya terisi dan terakhir klik Simpan & Tutup.

4. Pembayaran Lainnya

Pembayaran Lainnya di Easy Accounting System

1. Klik Jalan Pintas kemudian pilih Pembayaran Lainnya.

2. Pertama pilih akun bank yang akan digunakan di kolom Dibayar dari, lalu isi penerima di kolom Dibayar ke. Pilih akun yang akan dibayarkan, caranya klik dua kali di kolom No. Akun lalu isi nominal pembayaran di kolom Jumlah. Jangan lupa untuk memilih Proyek dan terakhir klik Simpan dan Keluar.

Pembayaran di Accurate

1. Pada menu Penjelajah klik Kas Bank kemudian pilih Pembayaran.

2. Pilih akun bank kemudian isi penerima di kolom Payee. Klik dua kali kolom Account No untuk memilih akun mana yang akan dibayarkan lalu isi nominalnya di kolom Amount. Pilih Proyek kemudian klik Simpan & Tutup.

5. Laporan Laba Rugi Proyek

Laporan Laba Rugi Proyek di Easy Accounting System

1. Klik Laporan lalu pilih Semua Laporan.

2. Pilih Laporan Proyek lalu klik Laba Rugi per Proyek.

3. Pilih nama proyek Semarang Elektronik Expo lalu klik OK.

4. Berikut adalah hasil laporan laba rugi proyek di Easy Accounting System.

Laporan Laba Rugi Proyek di Accurate

1. Klik Laporan lalu pilih Daftar Laporan.

2. Pilih Laporan Proyek lalu Laba & Rugi per Proyek, pilih proyek Semarang Elektronik Expo kemudian klik OK.

3. Berikut adalah laporan laba rugi proyek.

Demikianlah aktifitas-aktifitas yang ada di dalam proyek dan diproses memakai software akuntansi Easy Accounting System dan Accurate. Contoh-contoh di atas merupakan gambaran secara umum. Anda bisa mencoba membuat sendiri transaksi-transaksi di atas.

RAS akan terus mengajak Anda untuk mendalami pemakaian software akuntansi. Jadi, pastikan untuk selalu mengikuti situs ini. Sekian artikel dari kami, sampai jumpa di pembahasan lainnya.