Yuk, Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan Acccurate Desktop

Review Accounting Software kali ini akan mengajak kamu semua untuk mengenal lebih jauh tentang salah satu produk software akuntansi Indonesia. Kali ini yang akan kita bahas adalah tentang software Accurate versi desktop. Dan secara khusus akan kami bahas tentang kelebihan dan kekurangan Accurate desktop.

Bicara tentang sebuah produk, khususnya software tentu tidak pernah lepas dari pertanyaan ‘apa kelebihan dan kekurangannya?’. Demikian halnya dengan software akuntansi Accurate desktop, di luar sana pasti banyak yang bertanya tentang plus dan minusnya, mari langsung saja kita bahas satu per satu.

Kelebihan Accurate Desktop

1. Fitur dan Modul Lengkap

Accurate telah lama malang melintang di dunia software akuntansi Indonesia dan telah mengembangkan banyak fitur. Modul dan fitur di software ini bisa dibilang lengkap untuk mendukung beragam jenis bisnis mulai dari skala kecil hingga besar. Beberapa modul dan fitur yang belum tentu ada di software akuntansi lainnya adalah Return Merchandise Authorization (RMA) dan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Modul RMA berfungsi untuk mencatat pengembalian barang rusak dari pelanggan ke pihak penjual. Sedangkan RAB digunakan untuk mengantisipasi kejadian tidak diinginkan pada proyek.

2. Performa Sudah Teruji

Accurate termasuk ke dalam jenis software akuntansi paket dan tidak bisa dimodifikasi atau custom. Jadi, fokus produk ini adalah untuk menstabilkan software saja. Fakta bahwa aplikasi ini sudah ada sejak lama membuatnya telah melalui banyak versi sampai versi terakhir yaitu versi 5 dan juga sudah dipakai oleh banyak perusahaan.

3. Sesuai Sistem Pajak Indonesia

Software Accurate sudah sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK). Jadi, tidak perlu khawatir untuk membuat laporan karena sudah sesuai pajak. Selain itu juga sudah ada fitur E-Faktur yang memudahkan saat pelaporan pajak.

4. Cocok untuk Berbagai Jenis Usaha

Accurate desktop mempunyai 3 varian yaitu Standard, Deluxe, dan Enterprise. Tentu ketiganya memiliki harga yang berbeda, versi yang paling murah adalah Standard dan paling mahal adalah Enterprise. Dilansir dari website cpssoft.com, standard edition cocok dipakai untuk usaha dagang dan jasa. Deluxe edition cocok kontraktor dan kontraktor dan enterprise untuk pabrik.

Kekurangan Accurate Desktop

1. Modul Sudah Fixed dan Tidak Bisa Custom

Seperti yang telah kita ketahui, Accurate ini termasuk ke dalam software akuntansi desktop paket. Artinya modul dan fitur yang ada di tiap varian Accurate tidak bisa diubah atau custom sesuai keinginan pengguna. Begitu membeli salah satu varian, maka modul dan fitur yang ada di dalamnya sajalah yang bisa dipakai.

2. Tidak Ada Fitur untuk Mengurus Banyak Cabang

Salah satu kekurangan Accurate desktop adalah tidak adanya fitur untuk mengurus banyak cabang. Sebab, pengguna yang memakai Accurate hanya dapat mengaktifkan lisensi di satu lokasi saja. Untuk dapat mengakfifkan satu lisensi, komputer tersebut harus terhubung dengan server di satu jaringan lokal yang sama. Jadi, jika sebuah perusahaan akan menambah cabang atau memiliki banyak cabang harus membeli starter pack Accurate desktop untuk masing-masing cabang dan akan memakan biaya yang lumayan.

3. Layanan Purna Jual Kurang Memadai

Salah satu nilai minus dari software akuntansi Accurate desktop adalah layanan purna jualnya. Pihak Accurate hanya menyediakan layanan support melalui email. Hal inilah yang cukup diresahkan oleh para penggunanya, mereka merasa sangat sulit untuk menjangkau tim support sewaktu-waktu jika ada masalah dan kendala yang terjadi.

4. Tidak Ada Layanan Training

Saat membeli Accurate desktop kita hanya bisa membeli produknya saja. Jika ingin melakukan training, pengguna tidak bisa mendapatkannya dari pihak pengembang karena memang layanan ini tidak ada. Pengguna harus mencari jasa training dari luar.

5. Tampilan

Di era sekarang di mana desain user interface sudah jauh berkembang tampilan dari software ini bisa dibilang sudah jadul. Memang segi tampilan ini tidak mempengaruhi performa. Tetapi bagi pengguna yang peduli akan desain dan tampilan yang modern, user interface ini bisa dibilang salah satu nilai minusnya.

Rekomendasi Software Akuntansi Desktop Selain Accurate

Setelah mengulas plus minus dari aplikasi Accurate desktop kami akan berikan beberapa produk software akuntansi yang melengkapi kekurangan di atas.

1. Easy Accounting System

Easy Accounting System dibangun sejak tahun 2009 di bawah naungan PT Global Informasi Fortuna Teknotama, merupakan software akuntansi terbaik keuangan dan point of sale (POS) sekaligus software semi-ERP systems. Software Easy dapat digunakan untuk menjalankan berbagai jenis operasi bisnis dari Distribusi, Jasa, Retail, Konstruksi, Developer, Rumah sakit, Pendidikan, Export Import, Courier , serta Perusahaan manufaktur baik yang bersifat perakitan (assembly) maupun yang bersifat Pembuatan (maker).

Software ini mempunyai beberapa hal yang tidak dimiliki dan menjadi kekurangan Accurate yaitu:

1. Fitur Easy Branch yang bisa digunakan untuk mengurus banyak cabang.

2. Layanan training dan layanan purna jual (ada yang gratis dan ada yang berbayar).

3. Desain user interface menarik.

2. Zahir

Mulai dikembangkan sejak tahun 1997. Zahir termasuk salah satu software akuntansi terbaik paket custom. Ada 5 jenis paket yang ditawarkan seperti Small Business yang cocok untuk usaha kecil dan menengah, Flexy Trade untuk distributor, Personal/ Standard untuk nirlaba dan jasa seperti yayasan, organisasi, rumah sakit, kontraktor, atau yang berhubungan dengan proyek dan jasa. Jika dibandingkan dengan Accurate, tampilan Zahir lebih modern dan fresh.

Demikian beberapa kelebihan dan kekurangan Accurate desktop. Semoga artikel ini dapat membantu Anda semua. Baca terus artikel kami, sebab di kesempatan lain akan dibahas kelebihan dan kekurangan Zahir dan software akuntansi lainnya.