Belajar Software Akuntansi Part 04: Jurnal Umum, Definisi dan Cara Inputnya

Definisi jurnal umum adalah jurnal yang dipakai untuk mencatat transaksi yang tidak termasuk ke dalam jurnal khusus lain seperti penjualan, pembelian, dan penerimaan kas. Jurnal umum adalah daftar masukan jurnal-jurnal yang secara kronologinya urut. Transaksi yang ada di jurnal umum di antaranya: Account Receivables (AR), Account Payable (AP), Pembelian Aktiva Tetap, Penjualan Aktiva Tetap, dan banyak transaksi lain.

Setelah memahami apa itu definisinya. Seperti biasa, akan diulas mengenai beragam transaksi di atas dan cara penginputannya di software akuntansi Easy Accounting System dan Accurate. Tanpa perlu berlama-lama lagi, mari langsung saja baca langkahnya di bawah.

Transaksi Jurnal Umum dengan Software Akuntansi Easy 5 dan Accurate

1. Jurnal Umum untuk Mencatat Investasi Pemilik

Pemilik PT Tech Stone melakukan setor uang untuk tambahan modal senilai Rp 15.000.000,00. Jadi, Akun Modal di Kredit akan bertambah sebesar Rp 15.000.000,00. Akun kas perusahaan juga mengalami penambahan karena modal yang disetor oleh pemilik berwujud uang tunai sehingga akun Kas dicatat di debit sesuai jumlah uang yang disetor sebesar Rp 15.000.000,00.

Berikut adalah cara inputnya di software akuntansi Easy Accounting System:

1. Klik Jalan Pintas kemudian klik menu Jurnal Umum.

2. Klik dua kali di kolom No. akun kemudian pilih akun Kas – IDR

Cara Input di Accurate:

1. Pada menu penjelajah klik Buku Besar, setelah itu pilih Bukti Jurnal Umum.

2. Double klik di Account No lalu pilih Kas Kecil dan isi di kolom Debit senilai 15 juta. Setelah itu, klik Modal Disetor, nominal di Credit otomatis terisi sebesar 15 juta.

2. General Journal untuk Mencatat Pembelian Aktiva

Kasus kedua adalah PT Tech Stone membeli peralatan kantor senilai 1,5 juta, 1 juta akan dibayar secara tunai dan sisanya dibayar kredit. Perlengkapan bertambah sehingga dicatat di akun Perlengkapan pada debit sebesar harga beli yaitu 1,5 juta. Pembelian tunai dicatat dengan akun Kas pada kredit sebesar 1 juta. Untuk pembelian kredit, dicatat akun Utang Usaha pada kredit sebesar 500 ribu.

Berikut ini langkah untuk menginputnya di Easy Accounting System.

1. Klik Jalan Pintas kemudian pilih menu Jurnal Umum.

2. Klik No Akun lalu pilih akun Perlengkapan Kantor lalu isi kolom Debit senilai 1.500.000. Pilih akun Kas – IDR kemudian isi kolom Kredit senilai 1.000.000 dan pilih akun Hutang Usaha IDR lalu isi kolom Kredit senilai 500.000 dan terakhir klik Simpan dan Keluar.

Cara input dengan Accurate:

1. Pada menu penjelajah klik Buku Besar, setelah itu pilih Bukti Jurnal Umum.

2. Klik dua kali di Account No lalu pilih Perlengkapan Kantor lalu, isi kolom Debit senilai 1,5 juta. Klik dua kali Account No lalu isi Kas Kecil di kolom Credit 1 juta, lalu pilih akun Hutang Usaha sebesar 500 ribu di kolom Credit. Terakhir klik Simpan & Tutup.

3. General Journal untuk Mencatat Penerimaan Pendapatan

PT Tech Stone menerima pembayaran atas jasa yang telah dilakukan. Honor yang diterima oleh PT Tech Stone menambah pendapatan jasa sehingga akun pendapatan jasa ditambah di kredit sebesar 5 juta. Berarti terjadi pertambahan uang karena perusahaan menerima uang sebagai pembayaran atas jasanya sehingga menambah akun kas, maka akun kas dicatat di debit sebesar 5 juta.

Berikut langkah untuk menginputnya di Easy Accounting System:

1. Klik Jalan Pintas kemudian pilih menu Jurnal Umum.

2. Klik dua kali kemudian pilih Kas – IDR kemudian isi kolom Debit senilai 5 juta. Pilih akun Pendapatan Jasa lalu isi kolom Kredit senilai 5 juta, terakhir klik Simpan dan Keluar.

Berikut ini langkah inputnya di Accurate:

1. Pada menu penjelajah klik Buku Besar, setelah itu pilih Bukti Jurnal Umum.

2. Klik dua kali di Account No lalu pilih Kas Kecil, isi 5 juta di kolom Debit. Ulangi langkah tadi, tapi pilih akun Pendapatan Jasa, kolom Credit akan otomatis terisi, jangan lupa klik Simpan & Tutup.

4. Jurnal Umum untuk Mencatat Pembayaran Hutang

PT Tech Stone melakukan pembayaran utangnya sebesar 500 ribu, hutang dicatat dengan akun hutang usaha pada debit. Melakukan pembayaran atas utang dicatat ke akun Kas pada kredit. Berikut ini cara inputnya.

1. Klik Jalan Pintas lalu klik Jurnal Umum.

2. Double klik di No. Akun kemudian pilih akun Hutang Usaha IDR, isi nominal 500 ribu di kolom Debit. Selanjutnya pilih akun Kas – IDR dan otomatis terisi 500 ribu di kolom Kredit, terakhir klik Simpan dan Keluar.

Berikut ini cara untuk menginputnya dengan Accurate.

1. Pada menu penjelajah klik Buku Besar, setelah itu pilih Bukti Jurnal Umum.

2. Double klik Account No lalu pilih akun Hutang Usaha, isi nominalnya 500 ribu. Double klik Account No lalu pilih akun Kas Kecil dan klik Simpan & Tutup.

5. Jurnal Umum untuk Pencatatan Pembayaran Beban/Biaya

PT Tech Stone mengapresiasi kinerja seorang karyawan dan memutuskan untuk memberi bonus sebesar 4 juta. Bonus tersebut dicatat ke dalam akun Biaya/Beban Bonus, hasil dari pembayaran beban tersebut yaitu berkurangnya kas/bank karena untuk membayar beban tersebut. Berikut langkah untuk menginputnya.

1. Klik Jalan Pintas kemudian klik Jurnal Umum.

2. Double klik No. Akun lalu pilih Biaya Bonus kemudian isi koloom Debit sebesar 4 juta. Setelah itu, pilih akun Bank BRI – IDR dan otomatis di kolom Kredit akan terisi 4 juta, terakhir klik Simpan dan Keluar.

Langkah untuk input memakai software Accurate.

1. Pada menu penjelajah klik Buku Besar, setelah itu pilih Bukti Jurnal Umum.

2. Klik dua kali di Account No kemudian pilih akun Bonus dan isi nominal 4 juta di kolom Debit. Pilih akun Bank BRI, otomatis kolom Credit akan terisi 4 juta, terakhir klik Simpan & Tutup.

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dan contoh input Jurnal Umum memakai software akuntansi Easy Accounting System dan Accurate. Semoga artikel ini bisa berguna untuk Anda yang sedang memulai belajar akuntansi dan software akuntansi. Selalu ikuti situs ini agar pengetahuan Anda makin bertambah. Sampai bertemu di pembahasan lainnya.