Proses Product Release atau Hasil Produksi dengan Software Akuntansi

Review Accounting Software kembali akan berbagi informasi seputar akuntansi dan software akuntansi Indonesia. Kali ini kami akan melanjutkan pembahasan mengenai modul manufaktur di dalam software akuntansi. Sebelumnya telah dibahas mengenai formula produk, perintah kerja, dan material release. Nah, kali ini kita akan bahas product release atau hasil produksi dan bagaimana cara membuatnya dengan software akuntansi.

Seperti biasa, kita akan melakukannya dengan 2 software akuntansi Indonesia yaitu Accurate 5 dan Easy 6. Keduanya merupakan software akuntansi desktop dan sudah teruji kualitasnya di beragam perusahaan.

Apa Itu Hasil Produksi atau Product Release?

Definisi hasil produksi atau product release adalah proses untuk membuat suatu barang dari work order dengan material-material yang ada di dalamnya. Di aktivitas ini akan dicatat berapa jumlah barang yang dihasilkan dan apakah ada pengembalian kelebihan bahan baku yang digunakan pada suatu proses produksi.

Contoh Hasil Produksi di Software Akuntansi

Product Result Easy Accounting System

1. Pertama kita masuk ke aplikasi Easy 6 kemudian kita ke menu utama dan klik modul Manufaktur. Setelah itu akan muncul menu-menu yang ada di dalam modul manufaktur, kita klik Hasil Produksi.

2. Di formulir, pertama kita klik No. Perintah Kerja dan cari WO yang ingin dipakai, misalnya WO-004. Akan muncul barang yang dibuat di WO tersebut yaitu sepeda BMX. Selanjutnya beralih ke kolom Rincian Barang Jadi, di sana kita klik Get Product, terakhir kita klik Simpan dan Keluar.

Product Result Accurate

1. Setelah masuk ke menu utama Accurate, kita cari dan klik Pabrikasi. Setelah itu kita pilih Produk & Bahan Baku Keluaran.

2. Di formulir Product and Material Result, pilih Work Order No, misalnya 1001 lalu akan muncul Job apa yang akan digarap. Di kolom barang juga akan muncul barang yang akan dibuat yaitu Meja Kerja. Terakhir klik Simpan & Tutup.

Kesimpulan

Setelah mencoba kedua software untuk mencoba membuat hasil produksi, kita bisa lihat bahwa keduanya bisa melakukan hasil produksi dengan lancar. Semoga artikel ini bisa membantu dan menambah pengetahuan kamu semua. Bagi kamu yang masih ingin belajar tentang akuntansi dan software akuntansi silakan baca artikel lain di situs ini. Ada banyak pembahasan seperti tentang rekomendasi, komparasi, hingga cara membuat transaksi penjualan dan pembelian.