Bedah Fitur Unggulan Software Akuntansi: Fitur Accurate & Easy Accounting

Di artikel sebelumnya kami telah membahas kemampuan apa yang harus ada di dalam software akuntansi untuk dipakai di perusahaan. Meneruskan pembahasan tersebut, kali ini Review Accounting Software masih akan membahas seputar kemampuan yang dimiliki aplikasi akuntansi. Secara spesifik akan dibahas mengenai fitur spesial yang ada di software akuntansi Indonesia. Kami akan membahas fitur Accurate, Easy Accounting, dan software lain.

Di sini yang akan kami bahas adalah fitur unggulan yang ada di dalam software akuntansi berbasis desktop terlebih dahulu. Tanpa perlu berlama-lama lagi mari kita mulai pembahasan tentang fitur spesial yang ada di software akuntansi desktop Indonesia.

Fitur Accurate

ilustrasi fitur accurate & easy

Secara umum, fitur dan menu Accurate tidak jauh berbeda dengan software akuntansi lain. Namun, software akuntansi Accurate memiliki beberapa keunggulan yang tidak ada di software akuntansi berbasis desktop lainnya. Berikut adalah keunggulan yang ada di Accurate Desktop dan belum tentu ada di aplikasi lainnya.

Return Merchandise Authorization (RMA)

Modul RMA berfungsi untuk mencatat pengembalian barang yang rusak dari pelanggan ke pihak penjual. Adapun isi dari RMA ini adalah formulir RMA untuk mencatat saat penerimaan barang, RMA Action (RMA Action Form) yaitu formulir yang mencatat aktifitas yang dikerjakan oleh bagian teknisi, dan sales invoice yang dibuat berdasarkan referensi tersebut.

Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Fitur lain yang dimiliki Accurate adalah Rencana Anggaran Biaya (RAB). Dengan fitur RAB ini untuk mengantisipasi kejadian tidak diinginkan pada proyek anda. Fitur ini terdiri dari dua komponen utama yaitu volume pekerjaan dan harga satuan.

Volume pekerjaan dapat diperoleh dengan melakukan perhitungan dari gambar rencana yang tersedia atau berdasar kebutuhan di lapangan. Sedangkan, harga satuan didapat dari analisa harga satuan dengan mempertimbangkan banyak hal, di antaranya: bahan/material dan upah tenaga kerja.

Fitur Easy Accounting System

 

Setelah kami dalami dan pelajari lebih lanjut, aplikasi Easy Accounting System memiliki beberapa daya tarik yang membuatnya berbeda dari aplikasi akuntansi lain. Di versi terbarunya yaitu Easy 6, ada beberapa fitur baru yang dtambahkan.

Import Transaksi

Easy Accounting System telah mengenalkan fitur impor dari Excel mulai dari EASY 3. Software akuntansi ini memang mengunggulkan fitur yang satu ini, buktinya mereka terus menyempurnakan dan menambah transaksi yang bisa diimpor. Ada banyak transaksi yang dapat diimpor di EASY 6, di antaranya: Pesanan Penjualan, Pengiriman Barang, Aktiva Tetap, dan lain-lain.

Fitur Pembatasan per Cabang

Salah satu fitur unggulan di Easy Accounting fitur untuk mengelola banyak cabang di satu database yang belum tentu ada di software akuntansi desktop. Dan di Easy 6 ini ada banyak penambahan yang menyangkut fitur multi cabang tersebut antara lain:

1. Fitur pembatasan akun per cabang dan per user.

2. Fitur pembatasan barang per cabang per user.

3. Fitur pembatasan pemasok per cabang dan per user.

4. Fitur pembatasan pelanggan per cabang dan per user.

Dengan fitur di atas para pemakai bisa memisahkan akun, barang, pemasok, dan pelanggan per cabang. Jadi, akun, barang, pemasok, dan pelanggan yang sudah disetting hanya bisa dipakai di cabang yang ditentukan dan cabang lain tidak bisa memakainya.

Kesimpulan

Masing-masing software akuntansi pasti memiliki keunggulan yang berbeda-beda. Jadi, bagi kamu semua yang sedang mencari software pastikan untuk melakukan perbandingan dan tahu betul fitur seperti apa yang paling cocok untuk bisnis kamu.

Selain pembahasan ini, masih banyak pembahasan lain di dalam situs ini. Mulai dari review, perbandingan, rekomendasi dan tutorial tentang software akuntansi Indonesia bisa Anda baca untuk menambah pengetahuan Anda. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan dan informasi untuk Anda. Sampai berjumpa di pembahasan lain mengenai software akuntansi Indonesia.