Input Transaksi dengan Departemen di Easy Mobile dan Accurate Lite

Review Accounting Software kembali akan mengajak kamu semua untuk tahu lebih banyak tentang software akuntansi Indonesia. Kali ini yang akan dibahas adalah tentang aplikasi akuntansi berbasis Android yang ada di Indonesia yaitu Easy Mobile dan Accurate Lite. Tepatnya mengenai transaksi dengan departemen dan project di kedua aplikasi tersebut.

Departemen biasanya dipakai di dalam perusahaan yang makin berkembang. Jadi perusahaan tersebut akan mempunyai beberapa departemen tambahan. Dalam transaksi di software akuntansi biasanya ada departemen agar transaksi antara departemen satu dengan yang lain tidak tercampur. Nah, mari kita lihat bagaimana transaksi departemen di Easy Mobile dan Accurate Lite.

Transaksi dengan Departemen di Easy Mobile

1. Pertama kita buat satu transaksi misalnya pesanan penjualan kemudian kita pilih pelanggan kemudian klik tabah barang.  Di barang ini kita bisa langsung memasukkan nama departemen, lalu kita simpan.

departemen dan project Easy Mobile - 1

2. Bisa kita lihat, bahwa di detail barang sudah ada nama departemen.

departemen dan project Easy Mobile - 2

3. Lalu kita lanjut mengisi detail lain seperti pengiriman, syarat, dan catatan. Setelah itu kita klik Simpan.

departemen dan project Easy Mobile - 3

4. Transaksi dengan departemen tersebut telah tersimpan.

departemen dan project Easy Mobile - 4

Transaksi Departemen di Accurate Lite

1. Kita buat satu transaksi misalnya faktur pembelian. Pilih nama pemasok, nomor faktur, dan syarat pembayaran lalu klik lanjut.

2. Klik tambah barang, di sini kita belum bisa menemukan departemen. Kita coba klik di barangnya.

3. Ternyata setelah klik barang juga tidak ada kolom departemen. Kita klik ok kemudian lanjut.

4. Setelah kita lanjut juga tidak ada departemen, hanya ada pilihan simpan atau bayar.

Kesimpulan

Setelah mencoba membuat transaksi departemen & project di kedua aplikasi tersebut kami dapat menyimpulkan hal berikut. Pertama, di Easy Mobile dapat digunakan untuk melakukan transaksi dengan departemen. Kami juga tidak menemui kendala saat input transaksi pembelian (di penjualan juga tidak ada) dengan departemen. Kedua, input transaksi dengan departemen maupun tidak bisa diakomodasi dengan Accurate Lite. Jadi, hanya bisa melakukan transaksi jual beli biasa tanpa menggunakan departemen.

Jadi bisa disimpulkan bahwa di Accurate Lite tidak bisa digunakan untuk transaksi dengan departemen. Mungkin memang karena Accurate Lite diperuntukkan bagi UKM yang transaksinya masih biasa-biasa saja. Sedangkan Easy Mobile support transaksi dengan departemen. Jadi cocok untuk perusahaan-perusahaan yang memang membutuhkan transaksi tersebut.