Definisi Cash Flow, Jenis, dan Fungsinya untuk Bisnis

Review Accounting Software kembali mengajak kamu untuk belajar tentang akuntansi. Kali ini yang akan dibahas adalah tentang definisi cash flow beserta jenis dan fungsinya. Topik ini kami bahas karena masih banyak yang tidak tahu atau kurang paham tentang cash flow ini. Padahal hal ini sangatlah penting untuk kelancaran dan kemajuan usaha. Langsung saja kita mulai pembahasannya di bawah ini.

Definisi Cash Flow

Cash flow atau dalam bahasa Indonesia disebut arus kas adalah laporan keuangan yang berisi informasi seputar keuangan perusahaan seperti, kegiatan operasional, transaksi, pembiayaan, pendanaan, dan hal lainnya. Di dunia akuntansi dan keuangan istilah ini biasa dipakai saat ada sejumlah uang tunai yang dihasilkan atau dikonsumsi dalam periode waktu tertentu.

Jenis Cash Flow

Cash flow mempunyai 2 jenis yaitu cash inflow dan cash outflow. Berikut ini adalah penjelasan beserta contoh dari kedua jenis arus kas tersebut.

Cash Inflow

Definisi cash inflow adalah arus kas kegiatan transaksi yang memberikan profit atau keuntungan untuk perusahaan. Beberapa contoh dari cash inflow antara lain:

  • Penjualan barang, produk, atau jasa.
  • Penjualan aktiva tetap.
  • Penerimaan pendapatan lain.
  • Sewa.
  • Penagihan piutang.

Cash Outflow

Definisi cash outflow adalah arus kas berisi kegiatan-kegiatan yang menimbulkan beban pengeluaran kas. Contoh cashflow antara lain:

  • Pembayaran sewa.
  • Pembelian aktiva tetap.
  • Pembayaran gaji.
  • Pembelian bahan baku.
  • Pembayaran utang.

Aktivitas di Dalam Cash Flow

Aktivitas Operasional

Yang termasuk ke dalam aktivitas operasional adalah aktivitas pendapatan dan beban pengeluaran yang berasal dari operasional perusahaan yang nantinya mempengaruhi laba dan rugi perusahaan.

Aktivitas Pendanaan

Aktivitas pendanaan adalah aktivitas yang melibatkan pendapatan dari investor atau kreditor untuk menjalankan kegiatan operasional perusahaan, juga meliputi pengeluaran seperti penyetoran modal awal.

Aktivitas Investasi

Aktivitas investasi yaitu aktivitas yang berasal dari penjualan atau pembelian aktiva yang berjangka panjang seperti pembelian gedung, rumah, tanah, atau investasi saham.

Pentingnya Laporan Cash Flow untuk Bisnis

Menyusun laporan arus kas adalah salah satu cara untuk mengatur keuangan bisnis yang lebih baik. Dari laporan cash flow akan diperoleh gambaran soal pemasukan dan pengeluaran yang berkaitan dengan aktivitas bisnis. Misalnya saat terjadi penurunan bisnis, kita bisa memilih pos mana yang harus dilakukan efisiensi agar dana bisa dialihkan ke pos lain.

Fungsi lain dari pembuatan laporan cash flow adalah sebagai acuan perusahaan untuk menentukan perencanaan operasional masa depan. Sebab dari laporan tersebut kita bisa tahu penjualan, laba rugi, dan investasi, dari data tersebut perusahaan bisa mulai membuat planning jangka pendek maupun panjang.

Demikian adalah definisi cash flow serta jenis dan fungsinya. Semoga artikel ini bisa membantu dan menambah pengetahuan kamu semua. Bagi kamu yang masih ingin belajar tentang akuntansi dan software akuntansi silakan baca artikel lain di situs ini. Ada banyak pembahasan seperti tentang rekomendasi, komparasi, hingga cara membuat transaksi penjualan dan pembelian.