Contoh Transaksi Berulang di Klinik Memakai Easy 6 & Accurate

Artikel dari Review Accounting Software akan mengajak kamu semua untuk belajar tentang software akuntansi Indonesia. Di pembahasan sebelumnya kita telah membahas contoh-contoh transaksi di klinik dengan software akuntansi Easy 6 dan Accurate 5. Kali ini kita masih akan meneruskan topik tersebut, tepatnya mengenai contoh transaksi berulang di klinik dengan kedua software tersebut.

Di sebuah perusahaan, tidak terkecuali di klinik, tentu ada transaksi yang berulang di periode tertentu misalnya mingguan, bulanan, semester, atau tahunan. Transaksi tersebut disebut juga transaksi berulang atau recurring. Contoh transaksi tersebut antara lain: pembayaran sewa, pembayaran listrik, gaji, sewa mobil, dan lain-lain.

Tentu akan makan waktu jika kita membuat transaksi baru tiap bulan untuk transaksi tersebut. Ternyata transaksi yang berulang tersebut bisa dibuat dengan fitur transaksi berulang atau recurring yang ada di software akuntansi. Untuk caranya, mari langsung lihat di bawah ini.

Simulasi Transaksi Berulang Memakai Software Akuntansi

Sebagai contoh kita akan membuat pembayaran uang keamanan untuk klinik sebesar 100.000 yang dibayarkan tiap bulan selama 1 tahun (12 kali). Mari kita buat pembayaran tersebut di software Easy 6 dan accurate 5.

Transaksi Berulang di Klinik Memakai Easy 6

1. Sebagai contoh kita akan buat transaksi recurring di pembayaran lainnya. Caranya klik Buku Besar lalu pilih Pembayaran Lainnya.

2. Pilih akan membayar dari mana di kolom Dibayar dari misalnya kita pilih Kas -IDR, lalu isi Dibayar ke yaitu penerimanya. Selanjutnya dobel klik No. Akun untuk mencari akun apa yang akan dibayar, misalnya Biaya Keamanan Kantor. Isi nominalnya di kolom Jumlah lalu isi catatan jika perlu, setelah itu klik Transaksi Berulang.

contoh transaksi berulang easy - 1

3. Kita setting recurring pembayaran lainnya, pertama tentukan Periode misalnya kita pilih bulanan. Setelah itu, tentukan berapa kali pembayaran ini akan dilakukan misalnya 12 kali. Otomatis akan ada 12 salinan dari transaksi tersebut untuk bulan-bulan selanjutnya, terakhir klik Simpan dan Keluar.

contoh transaksi berulang easy - 2

4. Jika ingin membuat transaksi untuk bulan depan, klik Modul Utama lalu pilih Buku Besar dan klik Transaksi Berulang.

contoh transaksi berulang easy - 3

5. Klik transaksi recurring yang tadi dibuat.

contoh transaksi berulang easy - 4

6. Kita klik kanan pada transaksi untuk periode bulan selanjutnya, pilih Buat Faktur.

contoh transaksi berulang easy - 5

7. Otomatis akan muncul transaksi pembayar yang sama seperti contoh pertama, kita hanya perlu klik Simpan dan Keluar. Untuk pembayaran bulan-bulan selanjutnya kita hanya perlu ulangi langkah nomor 4 sampai 7.

contoh transaksi berulang easy - 6

Transaksi Berulang di Klinik Memakai Accurate 5

1. Kita klik Kas Bank kemudian pilih Pembayaran.

2. Kita buat satu pembayaran, pertama klik Paid From misalnya kita pilih Kas Kecil, isi juga Memo dan Payee. Selanjutnya klik Transaksi Berulang.

3. Isi kolom Periode dengan Bulanan lalu isi kolom Berapa Kali dengan 12, lalu klik Simpan & Tutup.

4. Untuk membuat transaksi tersebut di bulan depan caranya klik Daftar lalu pilih Transaksi Berulang.

5. Dobel klik transaksi yang diinginkan.

6. Klik kanan di transaksi untuk bulan selanjutnya, pilih Buat Faktur.

7. Akan muncul transaksi other payment yang sama dengan bulan sebelumnya, kita tinggal klik Simpan & Tutup. Jika akan membuat transaksi untuk bulan-bulan berikutnya ulangi langkah nomor 4 sampai 7.

Kesimpulan

Dari contoh transaksi berulang di atas, kita bisa simpulkan bahwa software akuntansi dapat digunakan untuk mempermudah pembuatan transaksi recurring. Baik di Easy 6 maupun Accurate 5, semuanya bisa digunakan untuk membuat recurring dengan mudah. Jadi, dapat disimpulkan bahwa keduanya bisa digunakan untuk transaksi recurring di klinik dan usaha lainnya.

Kami menyarankan Anda untuk mencoba sendiri kedua software akuntansi desktop ini sebelum membelinya. Silakan kunjungi website resminya untuk mengunduh dan melakukan trial. Dan ingat untuk selalu menggunakan software akuntansi yang asli bukan yang bajakan. Sekian dulu artikel dari RAS, kita bertemu kembali di pembahasan-pembahasan selanjutnya.