Perbandingan Cara Retur Penjualan di 3 Software Akuntansi

Halo, semua pembaca RAS, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai retur penjualan. Tentu tidak hanya soal definisinya saja, tetapi juga mencakup cara retur penjualan dengan memakai software akuntansi. Seperti biasa, kami akan membuatnya dengan memakai 3 software akuntansi yaitu Zahir, Accurate, dan Easy Accounting System.

Pertama akan dibahas terlebih dahulu mengenai definisi retur penjualan terlebih dahulu. Sales return adalah pengembalian barang dari pembeli kepada penjual. Beberapa penyebab pengembalian barang ini di antaranya: barang rusak, salah kirim barang atau barang tidak sesuai, dan terjadi kelebihan jumlah barang. Setelah mengetahui definisi dan penyebabnya, langsung saja menuju ke cara inputnya di 3 software akuntansi Indonesia.

Cara Retur Penjualan dengan Easy Accounting System

1. Klik Jalan Pintas kemudian pilih Retur Penjualan.

cara retur pembelian di EASY - 1

2. Setelah itu, klik kolom Pelanggan dan pilih salah satu kemudian klik kolom No. Faktur dan pilih satu faktur. Klik tanda panah di kolom Deskripsi Barang untuk memilih barang yang akan diretur. Akan muncul notifikasi “Apakah Anda Ingin Retur Semua?”, klik Yes jika akan retur semua barang, klik No jika tidak retur semua barang. Anda bisa mengisi jumlah barang yang diretur di kolom Kts.

cara retur pembelian di EASY - 2

3. Langkah terakhir adalah memastikan bahwa semua input Anda sudah benar dan klik Simpan dan Keluar.

cara retur pembelian di EASY - 3

Input Sales Return di Accurate

1. Klik menu Penjua;an kemudian pilih Retur Penjualan.

2. Klik kolom Customer dan pilih salah satu pelanggan lalu klik kolom Sales Inv. No dan pilih salah satu faktur. Klik kolom Item Description dan pilih barang yang akan diretur. Klik Yes jika ingin retur semua barang atau klik No jika hanya akan retur beberapa barang saja.

3. Langkah terakhir adalah klik Simpan dan Tutup.

Retur Penjualan di Software Zahir

1. Langkah pertama, klik Penjualan lalu pilih Retur Penjualan.

2. Klik Baru.

3. Pilih salah satu pelanggan di kolom Nama Pelanggan, pilih satu Nomor SO/Sales Order. Isi jumlah barang yang akan dikembalikan di kolom Di Retur. Terakhir klik Rekam.

Kesimpulan

Setelah mencoba input sales return di ketiga software akuntansi di atas, ada beberapa hal yang kami temukan. Pertama, di antara tiga software ini proses penginputannya hampir sama dan terbilang mudah. Yang menjadi perbedaan, di software Zahir setelah memilih Pelanggan dan Nomor SO akan otomatis muncul barang yang akan diretur, tinggal mengisi jumlahnya saja. Sedangkan di Accurate dan Easy, setelah memilih pelanggan dan Nomor SO/Invoice barang tidak otomatis muncul. Harus klik dulu di kolom Deskripsi Barang untuk memilih barang yang akan diretur.

Demikianlah cara melakukan sales return di software akuntansi Easy, Zahir, dan Accurate. Kami berharap artikel ini bisa menambah informasi dan pengetahuan Anda, terutama yang masih awam atau pelajar/mahasiswa jurusan akuntansi. Selain topik ini, masih banyak pembahasan lain yang bisa dibaca di situs ini. Mulai dari review software hingga perbandingan software akuntansi bisa Anda baca. Sekian artikel dari kami, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.