5 Tips Cerdas Memilih Software Akuntansi Lokal

Software Akuntansi - Desktop

Software akuntansi kini telah menjadi salah satu kebutuhan utama untuk sebuah perusahaan. Perangkat ini diperlukan untuk menunjang operasional perusahaan, terutama yang berhubungan dengan akuntansi. Tetapi, Anda harus teliti ketika hendak membeli sebuah software akuntansi lokal.

Saat ini di Indonesia terdapat banyak perangkat lunak akuntansi yang beredar dan kualitasnya juga sudah teruji. Jadi, Anda harus lebih teliti dan sudah tahu software akuntansi lokal seperti apa yang dibutuhkan perusahaan Anda.

Tiap software software akuntansi lokal Indonesia punya nilai plus dan minusnya tersendiri. Jadi konsumen juga harus cerdas dalam menentukan software dengan modul dan fitur yang sesuai dengan perusahaan. Selain fitur, beberapa faktor lain juga harus diperhatikan dalam memilih software akuntansi lokal.

Berikut ini adalah tips dan trik yang akan berguna bagi Anda dalam memilih software akuntansi lokal. Tunggu apa lagi, langsung baca artikel ini sampai selesai.

1. Kenali Jenis Software Akuntansi Lokal dan Perusahaan Pengembangnya

 

Software Akuntansi - Mengenali Developer

Ada ujar-ujar populer yaitu tak kenal maka tak sayang. Hal ini berlaku juga saat hendak membeli produk, misalnya saja software akuntansi. Tentu Anda tidak ingin membeli kucing dalam karung, maka Anda sebagai konsumen yang cerdas paling tidak harus tahu beberapa hal mengenai jenis software dan pengembangnya.

Secara umum, jenis perangkat lunak akuntansi terbagi menjadi tiga jenis yaitu software paket, software kustomisasi, dan software paket kustom.

  • Software paket: software ini sudah paten dari pihak pengembangnya dan sudah tidak bisa diubah sama sekali.
  • Software kustomisasi: seperti namanya, software jenis ini bisa dikustomisasi atau diubah sesuai dengan kebutuhan konsumen.
  • Software paket kustom:¬†Software ini merupakan software paket dengan modul standar yang dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan jika ada aktifitas lain diluar modul standar yang disediakan.

Setelah tahu jenis perangkat lunak akuntansi Anda juga harus mencari tahu perusahaan pengembang software tersebut. Paling tidak Anda harus paham tentang profil perusahaan tersebut. Cara paling mudah tentu dengan mengunjungi website perusahaan tersebut.

2. Anggaran dan Harga

Software Akuntansi - Harga

Dalam membeli suatu produk anggaran dan harga tentu menjadi salah satu faktor yang menentukan. Begitu juga saat hendak membeli software akuntansi, harga suatu software tentu harus sesuai dengan anggaran.

Rata-rata tiap software memiliki beberapa varian produk. Mulai dari varian dengan harga yang paling murah hingga yang paling mahal. Tentu tiap varian produk juga memiliki fitur dan modul yang berbeda. Nah, di sini konsumen dituntut harus cerdas dan jeli dalam memilih varian dengan fitur dan harga yang paling sesuai dengan usaha yang dimilikinya.

Konsumen juga harus melakukan perbandingan di antara software-software yang ada di Indonesia. Dengan ketatnya persaingan di dunia software akuntansi, konsumen diuntungkan dengan bersaingnya dan fitur yang ditawarkan. Dengan kejelian konsumen, tentu akan bisa mendapatkan software yang berimbang antara harga dan kualitasnya.

3. Software Akuntansi Harus Sesuai dengan Jenis Usaha

Software Akuntansi - Jenis Usaha

Software yang bagus adalah yang memiliki fitur sesuai dengan kebutuhan bisnis. Akan lebih baik jika Anda bisa menemukan software akuntansi yang kaya fitur dan sesuai dengan beragam bisnis. Berkonsultasi dengan orang yang paham software akuntansi juga krusial agar bisa mendapatkan perangkat lunak yang bagus.

4. Spesifikasi Software Akuntansi Lokal

Software Akuntansi - Spesifikasi

Aspek ini juga krusial dalam memilih suatu software. Sebelum membelinya, pastikan apakah perangkat lunak ini nantinya kompatibel atau tidak dengan perangkat keras yang Anda miliki. Karena tiap software pasti memiliki spesifikasi instalasi yang berbeda-beda.

Pastikan juga bahwa software akuntansi yang anda pilih punya teknologi yang up to date. Software dengan teknologi terkini pastinya akan bisa digunakan selama bertahun-tahun. Jadi, Anda tidak perlu membeli ulang sebuah software hanya karena teknologinya sudah tertinggal jauh.

5. Layanan Purna Jual

Software Akuntansi - Layanan Purna Jual

Sebagai konsumen yang cerdas Anda juga harus memperhatikan layanan purna jual sebuah produk software akuntansi. Pilihlah produk yang punya layanan support komplet dan mudah dijangkau. Dengan begitu, ketika Anda butuh informasi atau mengalami kendala teknis bisa segera diatasi.

Layanan purna jual lain yang perlu Anda perhatikan adalah mengenai training dan implementasi. Dengan layanan ini konsumen akan cepat memahami dan mengopearsikan software akuntansi yang dibeli.

Itulah 5 tips cerdas untuk memilih software akuntansi versi tim reviewaccountingsoftware.com. Selain dengan tips di atas, Anda juga bisa menemukan referensi dari artikel berkualitas seputar software akuntansi. Anda bisa menemukan rekomendasi software terbaik, ulasan fitur software, dan review layanan purna jual dari software lokal Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.